Disporabudpar Barsel Akan Gelar, Festival Seni Pelajar SLTA Se-Kalteng

    Editor : Maulana Kawit

    BUNTOK – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporabudpar) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), pada bulan Juli 2019 mendatang akan menggelar ajang Festival Seni Pelajar SLTA Se-Kalteng.

    Kepala Disporabudpar Barsel Manat Simanjuntak kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya Rabu (8/5/2019) mengatakan, apabila semua sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan maka pada bulan Juli 2019 mendatang akan digelar Festival Seni Pelajar SLTA Se-Kalteng.

    Dalam festival tersebut nantinya, ada berbagai macam kegiatan yang ditandingkan diantaranya festival vocal grup, mengayam amak dari purun, membuat ornament legenda, tari pedalaman, tari pesisir dan berbagai macam lomba yang lainnya.

    Dikatakan Manat Simannuntak, karena evant ini Se-Kalteng pastinya mengharapkan kegiatan ini bisa dihadiri oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sekaligus membuka ajang ini. Selain itu juga, dihadiri Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri serta perwakilan pejabat pemerintah kabupaten/kota yang lainnya.

    “Sebab, festival Seni Pelajar SLTA Se-Kalteng ini merupakan leading sectornya adalah Disbudpar Provinsi Kalteng,” katanya.

    Pada ajang festival seni pelajar SLTA se-Kalteng, Barsel sebagai tuan rumah dirinya berharap banyak bahwa anak-anak pelajar SLTA se-Barsel bisa berbicara banyak di evant ini nantinya.

    “Saya meminta Bidang Kebudayaan Disporabudpar Barsel benar-benar menyiapakan anak-anak kita terutama bagaimana kita tampil maksimal di tarian pedalaman dan tarian pesisir sebab memang kita unggul dalam tari pedalaman,” terangnya.

    Serta unggul, untuk lomba ornament legenda dan lomba yang lainnya maka dari itu bidang kebudayaan Disporabudpar Barsel.

    “Benar-benar menseleksi, anak-anak kita. Serta latihan, dengan maksimal sehingga Barsel dapat berbicara banyak pada evant tersebut nantinya,” bebernya.

    Ditambahkan Manat Simanjuntak, dengan akan dilaksanakannya festival seni pelajar SLTA se-kalteng nantinya akan meninggalkan sesuatu yang baik di Barsel bahwa yang pertama bisa berupaya menjadi tuan rumah yang baik.

    “Untuk siswa SLTA dan SLTP di Barsel, juga akan kita undang untuk menyaksikan betapa potensi-potensi seni itu bisa terakomodir melalui fesival seni pelajar SLTA se-kalteng. Serta, menjadi kalender of evant untuk Disporabudpar Barsel setiap tahunnya,” pungkas Manat.

    (ded/Beritasampit.co.id)