BRAVO!! Laporan Keungan Pemkab Katingan 2018 Raih Opini WTP

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN -Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimatan Tengah memberi penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten (Prmkab) Katingan Tahun Anggaran 2018.

    Penghargaan Opini WTP ini diserahkan oleh Kepala BPK RI perwakilan Kalimantan Tengah Ade Iwan Ruswana dan diterima oleh Bupati Katingan Sakariyas, SE, di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (24/5/2019).

    Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, laporan keuangan Pemkab Katingan tahun sebelumnya mendapat penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

    Atas prestasi tersebut, mantan Kepala Bank Kalteng Cabang Kasongan tersebut menyampakai rasa syukurnya dan mengapresiasi atas kerja keras maupun komitmen seluruh aparatur Pemkab Katingan dalam hal pengelolaan keuangan.

    “Saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Katingan dan pihak terkait lainnya sehingga tahun ini meraih WTP dari BPK RI. Semoga ini dapat kembali dipertahankan pada tahun berikutnya,” singkatnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang menambahkan, penghargaan opini WTP bukan hanya ajang gengsi-gengsi bagi semua daerah yang mendapatkannya. “Disitulah kita bisa melihat tentang pengelolaan keuangan suatu daerah dengan tranparan dan akuntabel,” tambahnya.

    Dia mencontohkan, ketika mendapatkan opini WTP, berarti pemerintahan disuatu daerah dalam persoalan pengelolaan keuangannya dapat diselesaikan dengan baik.

    “Apabila mendapat WDP, berarti masih kurang baik atau standar, dan jika mendapat opini Disclaimer itu artinya parah dalam pengelolaan keuangannya,” jelasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)