Hingga Saat Ini, Bumil di Sukamara Negatif HIV, Hepatitis B dan Sipilis

SUKAMARA – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sukamara, Achmad Yani mengatakan bahwa program triple eliminasi atau deteksi dini penyakit menular HIV, Hepatitis B dan Sipilis telah dilakukan sejak 2018 lalu.

Dan dari catatan Dinas Kesehatan Sukamara hingga program tersebut dilakukan kembali di tahun 2019 ini belum ada ibu hamil yang terdeteksi positif mengidap HIV, Hepatitis B dan Sipilis di Wilayah Kabupaten Sukamara.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Bakal Lakukan Pembenahan Pasar Saik

“Program ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2018, teman-teman di Puskesmas telah melaksanakan kegiatan ini dari tahun lalu,” ucap Achmad Yani, Selasa (11/9/2019).

Achmad Yani menerangkan bahwa diawal program deteksi dini tersebut pihaknya hanya melakukan pemeriksaan terhadap penyakit HIV dan Hepatitis B, sementara itu penyakit kelamin Sipilis baru dilakukan tahun ini.

“Untuk pemeriksaan dan deteksi dini penyakit menular sipilis baru kita mulai tahun ini, sedangkan untuk HIV dan Hepatitis B sudah kita laksanakan dari tahun lalu,” jelas Achmad Yani.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

“Jadi untuk sementara ini data yang kita dapat dari tahun 2018 sampai 2019 belum ada kita menemukan kasus ataupun dari pemeriksaan ini yang positif baik itu HIV maupun Hepatitis B, ” tukas Achmad Yani. (enn/beritasampit.co.id)