Akibat Karhutla Hewan Satwa Liar Terancam

Foto :(istimewa) Camat Danau Sembuluh Roby Kurniawan (nomor 2 dari kiri) bersama tim terpadu kecamatan Danau Sembuluh

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kecamatan Telaga Pulang mengakibatkan hewan-hewan satwa liar seperti ular piton terancam keberadaan di habitatnya.

Camat Danau Sembuluh Roby Kurniawan mengatakan disela-sela penanganan pemadaman karhutla yang dilakukan tim terpadu kecamatan Danau Sembuluh tim juga menyelamatkan seekor ular sanca atau piton berukuran kurang lebih memiliki panjang 3 meter.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kelurahan Kuala Pembuang II

“Rencana kita lakukan pemulihan terhadap satwa tersebut, untuk memulihkan dari stress. Selanjutnya pada saat musim hujan tiba akan kita lepas liarkan kembali bekerja sama dengan lembaga yang menangani satwa liar,”kata Roby kepada beritasampit melalui via telpon, Senin (16/9/19).

Diharapkannya, semua komponen masyarakat ikut menjaga lingkungan serta wilayahnya masing-masing mulai ditingkat RT/RW, Kepala Desa dilingkup kecamatan Danau Sembuluh, untuk mecegah terjadinya karhutla dengen menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat sebelum terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:   Hadiri Peresmian UP3 Pangkalan Bun, Asisten II Setda Seruyan Harapkan Ini

“Kita kedepankan pencegahan dengan sosialisasi kemasyarakat tentang kabakaran hutan sebelum kebakaran tersebut terjadi,”ungkapnya.

(rdi/beritasampit)