Puan Maharani: Anggota DPR Harus Tingkatkan Kapabilitas Hadapi Era Persaingan Global

Ketua DPR RI Puan Maharani. Dok: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa tugas yang sedang dijalankan sebagai pimpinan DPR tidak mudah, karena akan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan yakni menghadapi era revolusi industri 4.0 dan persaingan global.

“Kita menghadapi era kemajuan zaman yang sangat dinamis, era revolusi industri 4.0, era teknologi digital yang terbuka secara sosial, budaya, ekonomi dan politik,” ujar Puan, Rabu, (2/10/2019).

Kata Puan persaingan global semakin tajam, berbagai permasalahan juga memiliki karakter dan substansi yang berbeda-beda.

BACA JUGA:   Milad Ke-43, Senator Aceh Kibarkan Bendera GAM di Parlemen Senayan

Politikus PDI Perjuangan itu bilang pada saat bersamaan sebagai bangsa dan negara semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi sosial dan budaya, agar dapat mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

“Oleh karena itu sangat penting bagi para anggota dewan untuk senantiasa meningkatkan kapabilitas dalam merespon berbagai perkembangan, sehingga dapat mengambil keputusan yang terbaik dan bermanfaat bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat bangsa dan negara yang kita cintai ini,” tandas Puan.

BACA JUGA:   Komisi VI DPR Minta Pemerintah Hentikan Impor Tembakau

Untuk itu Puan berharap kepada Anggota DPR RI periode 2019-2024 harus dapat menjaga keutuhan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menghadapi era teknologi digital tersebut.

“Kita perlu berada pada satu semangat dan jiwa yang sama untuk secara bersama-sama memantapkan dan meneguhkan Pancasila sebagai ideologi, UUD 1945 sebagai Konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka tunggal Ika sebagai semboyan dalam kehidupan berbangsa kita,” pungkas Puan Maharani.

(dis/beritasampit.co.id)