Beruang Madu Berkeliaran di Lapangan Sepak Bola Lanud Iskandar

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Sudah seminggu lebih seekor Beruang Madu yang berkeliaran di sekitar Lapang Sepak Bola Lanud Iskandar Pangkalan Bun.

Beruang Madu ini pun sempat direkam salah satu warga, bahkan vidoe berkeliarannya hewan langka ini viral dimedsos. Sabtu (12/10/2019)

Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol (PNB) Didik Setyo Nugroho saat dikonfirmasi Berita Sampit membenarkan akhir-akhir ini ada seekor beruang madu yang sering berkeliaran.

Kemunculan fauna khas provinsi Bengkulu ini, terkadang muncul bersama bersama anaknya, selain itu beberapa kera ekor panjang dan kera merah juga sering munculan di belakang perumahan dinasnya.

BACA JUGA:   Ini Info Plt Dikbud Kobar Jamri Tentang Libur Khusus Puasa dan Jam Kerja Selama Bulan Ramadan

“Kalau mereka muncul kami giring untuk kembali masuk kehutan. Dan memang hutan di sekitar wilayah Lanud Iskandar masih orsinil dihuni sejumlah habitat satwa,” kata Dididk.

Berkeliarannya Beruang Madu diduga akibat musim kemarau sehingga sejumlah satwa kesulitan untuk mencari makan kemudian keluar dari hutan.

Pihaknya juga telah melakukan imbauan dengan cara memasang ujung-ujung pos diberi plang pengumuman larangan larangan kepada masyarakat untuk tetap menjaga keasrian dan kelestarian hutan di wilayah Lanud.

BACA JUGA:   Menjelang Lonjakan Mudik Lebaran 2024, PT. Dharma Lautan Utama Kumai Siapkan 4 Armada Kapal

“Kepada masyarakat yang melintas di kawasan tersebut agar selalu berhati-hati dan apabila bertemu dengan hewan liar jangan mendekat, karena binatang tersebut merupakan binatang buas dan masih liar,” ujar Didik.

Dikatakan Didik, apabila menemukan hewan liar dilindungi segera melapor pada Pos TNI AU agar binatang tersebut dapat diamankan dan tidak sampai mengganggu atau menyakiti warga sekitar.

(Man/beritasampit).