Bupati Seruyan Imbau Masyarakat Jangan Lakukan Ilegal Fishing

Foto :(ist)- Bupati Seruyan Yulhaidir saat menyerahkan bantuan sarana perikanan pada kelompok nelayan

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir imbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan ilegal fishing, guna menjaga kualitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan tidak mengalami pencemaran lingkungan.

“Saya berharap kepada masyarakat khususnya nelayan jangan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak diperbolehkan, contohnya seperti menyetrum ikan, meracuni dan lainnya, “kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Jumat (25/10/2019).

Lanjut Yulhaidir, kalau itu dilakukan maka akan bisa menyebabkan sungai yang kaya akan perikanan ini akan tercemar dan itu akan berdampak buruk bagi kelestarian ikan yang ada didalamnya. Terlebih lagi juga sudah berhasil melakukan pembibitan ikan Pipih (Balida) yang pembibitannya dilakukan langsung dari DAS Seruyan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rapat Inflasi Mingguan dan Gerakan Pangan Murah

“Artinya sungai kita masih terjaga kualitas airnya karena ikan yang sulit dibudidayakan seperti ikan Pipih dan kita pertama dari pemerintah daerah yang berhasil melakukannya dan sekarang sudah berumur 2 bulan dengan panjang 9 centimeter,”jelasnya.

Kemudian, apabila sungai tidak tercemar atau tetap terjaga tentu ini akan sangat positif untuk makhluk hidup yang ada di sungai tersebut dan terus akan berkembang biak.

BACA JUGA:   Buka Musrenbang dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Seruyan Tahun 2025, Pj Sekda Sampaikan Hal Ini

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan ilegal fishing dengan tujuan suapaya penghasilan-penghasilan nelayan akan terus meningkat karena ikan-ikan tumbuh berkembang biak dengan cepat,”harapnya.

(Rdi/beritasampit)