Dinsos Gelar Sosialisasi Program TKSK dan PSM Tahun 2019

PANGKALAN BUN – Dalam rangka mewujudkan Kesejahteraan sosial yang menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat.

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar sosialisasi tentang program Peningkatan Kualitas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) tahun 2019, di kantor Kecamatan Arut Selatan. Selasa (29/10/2019)

Kepala Dinas Sosial Akhmad Yadi mengatakan tujuan di tetapkannya TKSK dan dibentuknya PSM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Penyelenggaran kesejahteraan sosial.

Selain itu terlaksananya koordinasi antar PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) dalam memberikan pelayanan sosial masyarakat.

“Dan terbentuknya TKSK dan PSM untuk meningkatkan kerjasama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan program pembangunan lainnya sehingga terpenuhnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan sosial,” kata Akhmad Yadi

BACA JUGA:   Posyandu Aisyiah Pangkalan Bun Peduli dan Periksa Kesehatan Ibu-Ibu Lansia

Dimana saat ini lanjut Akhmad Yadi tantangan masalah sosial yang semakin komplek oleh karena itu keterlibatan TKSK dan PSM sangat di butuhkan oleh pemerintah dan masyarakat dalam penanganan masalah sosial di tingkat Kecamatan maupun tingkat desa/Kelurahan.

“Agar mampu menghadapi kompleknya permasalahan sosial maka TKSK dan PSM sebagai potensi dan sumber kesejahteraan sosial perlu di tingkatkan kualitansya dengan di bekali ilmu pengetahuan, ketrampilan serta penguatan sikap, hal ini yang mendorong kami untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini,” ujar Akhmad Yadi.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Sehingga melalui kegiatan sosialisasi ini lanjut Akhmad Yadi dalam rangka mengoptimalkan peran, tugas dan fungsi TKSK dan PSM dalam penyelenggaraan sosial.

Selain itu agar peserta mengetahui perencanaan dan kebijakan sosial serta Penyelenggaran program kesejahteraan sosial di Kabupaten Kobar yang menjadi bekal untuk melaksankan pendampingi program kesejahteraan sosial dan pendampingan bagi pemelru pelayanan kesejahteraan sosial ditingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

“TKSK dan PSM ini pun dalam rangka menguatkan program kami yakni Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), sehingga semuanya Terkoneksi dalam menampung yang menjadi keluhan masyarakat tidak mampu,” beber Akhmad Yadi.

(Man/beritasampit).