Posyandu Aisyiah Pangkalan Bun Peduli dan Periksa Kesehatan Ibu-Ibu Lansia

IST/BERITA SAMPIT : Ketua dan Pengurus Posyandu Aisyiyah Pangkalan Bun Kabupaten Kobar, foto Bersama sebelum mereka meemeriksa Kesehatan ibu-ibu lansia.

PANGKALAN BUN – Aisyiyah sebagai ogranisasi perempuan di bawah Persyerikatan Muhammadiyah memiliki program unggulan yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pos Yandu Aisyiah Pangkalan Bun Kabupaten Kobar, masih memiliki kepedulian untuk merawat  orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia). Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan tanggal 24 pagi yang dipusatkan di selasar/teras Masjid Mujahidin Pangkalan Bun Kelurahan Mendawai.

“Bahkan nanti dibulan Ramadan 1445 Hijiriah, kegiatan kepedulian kepada mereka yang lanjut usia akan terus dilaksanakan, bahkan direncanakan juga akan menggelar buka bersama. Namun waktunya belum bisa ditentukan,“ kata Ketua Aisiyah Drs Sussana saat dikonfirmasi, Sabtu 9 Februari 2024.

BACA JUGA:   Pelaku UMKM Alun-Alun Istana Kuning Penuh Ceria Bagikan Takjil Ramadan

Lanjut Sussanna, saat ini Pos Yandu Aisyiyah setiap pagi yang rutin bergabung Bersama Pos Yandu Lansia membuka acara pemeriksaan kesehatan, setiap bulan jumlahnya rata-rata bisa sampai 35 ibu-ibu lansia, yang diperiksa kesehatannya.

“Alhamdullilah, berkat kepedulian para pengurus dan anggota, kini Posyandu Aisyiyah telah banyak diminati masyarakat, khususnya mereka ibu-ibu yang lanjut usia, yang hidupnya ingin tetap sehat dan semangat,“ ujar Sussanna.

Dijelaskan Sussanna, pelayanan kesehatan Posyandu Lansia Aisyiyah selama bertahun-tahun ini sudah terbangun kerjasama, bersinergi, berkolaborasi dengan Puskesmas Mendawai Kabupaten Kobar-Kalteng, baik tenaga medisnya, peralatannya serta obat-obatannya termasuk kegiatan penyuluhan difasilitasi oleh Puskermas.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Sambut Kedatangan Menteri Perhubungan di Bandara Iskandar

“Semoga kerja sama ini terjalin baik untuk selamanya guna merawat dan menciptakan keluarga dan masyarakat yang sehat Bahagia,“ imbuh Sussanna yang diamini oleh pengurus dan peserta posyandu.

Adapun kegiatan periksa kesehatan posyandu Lansia Aisyiyah terdiri dari periksa Tensi/tekanan darah, timbangan berat badan, tinggi badan, gula puasa, kolesterol, asam dan urat.

“Insya Allah dengan disiplin cek kesehatan diri akan mempermudah menjaga keseimbangan konsumsi makan minum. Sehingga tubuh mereka tetap bugar dan stabil,“ pungkas  kepala Puskesmas Mendawai dr.Dwi Astuti yang didampingi tiga orang tim medisnya bu Meylita,ibu Dewi Puspita, dan Ibu Sri. (Man)