Puluhan Siswa SMKN 1 Sukamara Tanam Pohon di SM Lamandau

Tanam Pohon : ist - Siswa SMKN 1 Sukamara saat menanam pohon di area Pos Penjagaan dan Pemantauan Danau Burung, Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

SUKAMARA – Sebanyak 40 Siswa dari SMKN 1 Sukamara berpartisipasi pada kegiatan penanaman dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam yang digelar oleh BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia di area Pos Penjagaan dan Pemantauan Danau Burung, Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

Dendi Setiadi, SH., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Kalteng mengatakan bahwa dengan melibatkan siswa siswi dalam kegiatan penanaman pohon diharapkan menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan alam pada diri pelajar.

“Karena 99 persen kebakaran hutan adalah ulah manusia, saya berharap para siswa yang saat ini ikut menanam pohon bisa menjaga lingkungan sekitar mereka,” ujar Dendi, Jumat (29/11/2019).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Akan Tambah Fasilitas dan Pelayanan Mall Pelayanan Publik

Dalam kesempatan itu, Dendi juga mengingatkan para generasi muda untuk
menghilangkan perilaku yang tidak sesuai dengan aturan, seperti membakar hutan dan lahan serta menebang pohon.

“Jangan pernah meninggalkan air mata untuk anak cucu kita, tapi tinggalkanlah mata air untuk anak cucu kita,” tegas Dendi.

Dalam pengendalian Kebakaran di Suaka Margasatwa Lamandu, Dendi Sutiadi mengatakan, pihaknya menyadari masih ada penanganan yang kurang dalam pengendalian kebakaran yang terjadi di kawasan Konservasi tersebut.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Launching Sistem Pembayaran Pajak Daerah Melalui Virtual Account

Dendi menjelaskan, pengendali kebakaran dan hutan sendiri saat ini kewenangannya ada dibawah pengelolaan Balai Pengendalian Iklim dalam hal ini Manggala Agni, sementara Manggala Agni sendiri saat ini kewenangannya lebih berfokus pada pemadaman lahan, bukan di kawasan hutan.

“Kendala kita diantaranya keterbatasan Sarpras atau alat pemadam kebakaran, termasuk SDM kita juga terbatas, untuk itulah melalui pertemuan ini kami berharap bisa meningkatkan kerjasama,” tukasnya. (enn/beritasampit.co.id)