Reforestasi SM Lamandau Libatkan Pelajar

Tanam Pohon : ist - Siswa SMKN 1 Sukamara saat menanam pohon di area Pos Penjagaan dan Pemantauan Danau Burung, Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

SUKAMARA – Supervisor Reforestasi OF-UK Indonesia, Suparyanto, mengatakan bahwa dalam upaya untuk melakukan penghijauan atau reboisasi di kawasan konservasi Suaka Margasatwa Lamandau pihaknya sengaja melibatkan pelajar dalam kegiatan tersebut.

Reforestasi atau reboisasi yang merupakan pembentukan kembali hutan yang pernah gundul, secara alami maupun buatan. Upaya yang dilakukan BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia mulai terlihat diwilayah yang telah ditanami sampai saat ini sekitar 35 hektar dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 59.058 batang.

BACA JUGA:   BPKAD Sukamara Minta Aset Dinas yang Rusak untuk Dilelang

“Tahun ini akan ditanam sekitar 15 ribu bibit di tiga lokasi dengan luasan 15 hektar,” jelas Suprayanto, Jumat (29/11/2019).

“Bibit yang ditanam merupakan pohon pakan orangutan yang relatif tahan dari api, seperti ubar samak, ubar putih dan ubar jambu,” ucap Suprayanto

Pelajar yang hadir di lokasi reforestasi diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai penyiapan bibit dengan cara cabutan dan teknik penanaman.

“Simulasi penyiapan bibit dilakukan dalam kelompok kecil, terdiri dari 8 orang pelajar yang didampingi satu orang petugas lapangan dari BKSDA Kalteng atau OF-UK Indonesia,” terang Suprayanto.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

Setiap kelompok dibekali bibit hasil cabutan, media tanam berupa tanah dan pupuk kandang serta polybag. Bibit yang berhasil dibuat oleh setiap kelompok disimpan pada bedengan yang telah disediakan di dalam persemaian.

“Selanjutnya pelajar kita ajak melakukan penanaman di areal yang telah disediakan, setiap siswa menanam satu pohon sesuai kelompoknya,” tukasnya. (enn/beritasampit.co.id)