Musim Penghujan, Waspada Gejala Penyakit DBD

PENYAKIT DBD : IST/BS - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuryanto

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Memasuki musim penghujan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gejala penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuriyanto salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan lingkungan yang bersih.

Terlebih beberapa hari ini wilayah Katingan kerap diguyur huja lebat, sehingga perlu dilakukan antisipasi munculnya berlbagai penyakit, termasuk DBD.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

Meski begitu, menurut Robertus Pamuriyanto jika sampai saat ini pihaknya belum menemukan atau mendapatkan laporan dari Puskesmas, Pustu maupun rumah sakit soal adanya kasus penyakit demam berdarah.

“Sampai sekarang Kabupaten Katingan masih aman dari kasus DBD itu,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, Robertus Pamuriyanto, Kamis (5/12/2019) di Kasongan.

Ia juga mengakui, bahwa pada tahun-tahun sebelumnya kasus penyakit DBD di wilayah Katingan masih kerap ditemukan. Namun biasanya setelah pasien dirawat atau ditangani tim medis, dalam waktu kurang dari sepekan pasien bisa kembali pulih atau sembuh.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Akan Gelar Bazar Murah Ramadan 1445 Hijiriah

“Hampir semua wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan rentan terjadinya kasus penyebaran penyakit DBD ini. Pasalnya, wilayah Kabupaten Katingan adalah daerah transit,” ucapnya.

(nas/beritasampit.co.id)