Wow..!! Segini Konsumsi BBM Pesawat Dalam Semenit

DALAM beberapa peluncuran seri terbaru, Airbus selalu mengklaim produk mereka lebih hemat bahan bakar. Seri A320neo misalnya, diklaim lebih hemat hingga 20% dibanding seri seri lain. Perbandingan ini secara tidak langsung membandingkan dengan seri kompetitor abadi Airbus, Boeing.

Meski tidak menyebut secara vulgar Boeing lebih boros, namun dalam marketing Airbus, istilah hemat bahan bakar menjadi branding utama. Hasilnya sejumlah maskapai pun ramai ramai memesan produk Airbus di awal tahun. Meski sebenarnya, baik produk Airbus maupun Boeing memiliki keunggulan masing-masing.

Pilot Boeing 777, Garuda Indonesia, Faisal Assegaf sempat mengulas tentang bahan bakar seperti dikutip dari flightzona.com. Menurut pilot pemilik jam terbang 20.000 ini kebutuhan bahan bakar tergantung jumlah penumpang dan besar muatan.

Menurut dia, tiap pesawat memiliki karakter yang berbeda-beda. “Yang saya tahu bahan bakar Airbus agak irit tapi kecepatannya tidak terlalu kencang seperti Boeing,” ujarnya.

Ia menggambarkan, Boeing 777 per menitnya membutuhkan setidaknya 110 liter avtur. Karena itulah di setiap rencana penerbangan, pilot harus memastikan kondisi bahan bakar sebelum terbang. Pilot juga harus memperhatikan keterangan soal jarak tempuh, berapa avtur dibutuhkan, dan berapa menit rata-rata konsumsi avtur.

Lalu ada bahan bakar tambahan untuk mengantisipasi bila pesawat harus mencari bandar udara alternatif seandainya bandar udara tujuan tidak bisa didarati. Itu tergantung jarak bandar udara alternatif. Kemudian ada bahan bakar untuk tambahan penerbangan setengah jam. Di tambah lagi bahan bakar untu generator dan taksi.

Untuk generator, Boeing 777 memerlukan 240 liter per jam. Tiap pesawat beda-beda konsumsi bahan bakarnya. Biasanya bahan bakar untuk taksi dan generator antara 1000-1.300 liter.

“Kecuali ada perkiraan waktu lepas landas bakal lebih lama atau cuaca di atas buruk, pilot bisa meminta tambahan bahan bakar lagi. Biasanya paling 500 liter atau satu ton. Pesawat baru ini tambah bagus tambah irit,” imbuhnya seraya menyebut kapasitas B777 rata-rata mencapai 140-150 ton Avtur.(int)