Kadis Kotim : Jaga Kesehatan Dengan Berprilaku Sehat Dan Bersih Di Musim Hujan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dr. Faisal Novendra Cahyanto, M.Kes.

SAMPIT – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dr. Faisal Novendra Cahyanto, mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan di saat musim penghujan.

Menurutnya, beberapa penyakit yang sering terjadi seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin. Bahkan penyakit kulit diare dan demam berdarah dengue(DBD).

Diterangkan, infeksi yang menyerang saluran pernafasan disebabkan oleh virus dan bakteri.

Infeksi ini menyebabkan pilek, peradangan pada sinus, peradangan pada amandel dan pita suara serta influenza.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Pastikan Makanan di Pasar Ramadan Aman di Konsumsi

“Sekarang sudah mulai musim hujan, jadi kita harus waspada, mari persiapkan diri agar tidak terserang penyakit . Jaga kebersihkan lingkungan, khususnya pekarangan rumah kita,” ucapnya, saat dibincangi Berita Sampit, Rabu (25/12/2019).

Menurutnya, kondisi lingkungan yang kotor dan banyaknya genangan atau barang yang bisa menampung air hujan bisa menjadi pencetus utama berkembang biaknya virus dan bakteri.

“Jangan lupa berprilaku bersih dan sehat dengan konsumsi makanan yang sehat pula, seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, serta ikan atau panganan yang mengandung protein,” imbuhnya.

BACA JUGA:   TPQ Sahabat Karib Sampit Gelar Acara Puncak Khotmil Qur'an Sekaligus Buka Puasa Bersama

Dinas Kesehatan, lanjutnya, juga akan mengerahkan petugas kesehatan baik yang berada di puskesmas-puskesmas maupun di tingkat kader kesehatan di kelurahan/desa untuk memberikan informasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini penting agar masyarakat mewaspadai dan mengantisipasi penyakit bawaan seiring datangnya musim hujan.

“Yang terpenting dari diri kita sendiri untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita saat musim hujan. Ayo berprilaku sehat dan bersih,” tutupnya.

(jun/beritasampit)