Pemkab Kotim Pastikan Makanan di Pasar Ramadan Aman di Konsumsi

IST/BERITA SAMPIT- Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kotim Zulhaidir (kiri) bersama Bupati Kotim Halikinnor (kanan) dan Wakilnya Irawati (tengah) saat pembukaan Pasar Ramadan.

SAMPIT – Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperdagin) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Zulhaidir memastikan makanan dan minuman yang ada di Pasar Ramadan aman dan higenis untuk dikonsumsi.

“Dalam satu pekan ke depan dinas perdagangan akan melakukan monitoring sampel makanan di Pasar Ramadan,” ungkapnya, Rabu 13 Maret 2024

Diskopukmperdagin Kotim bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya untuk menguji dan meneliti sampel makanan minuman apakah mengandung zat berbahaya atau tidak.

BACA JUGA:   Polsek Baamang Diminta Tegas Tangani Laporan Pungli Parkir SPBU KM 8 Tjilik Riwut

Jika ditemukan akan ditegur dan diberikan edukasi agar tidak menggunakan bahan berbahaya, selain di Pasar Ramadan, uji sampel juga dilakukan di sejumlah titik yang ada di Kota Sampit seperti Jalan Desmon Ali, Tjilik Riwut dan lainnya

Ia menyebutkan untuk tahun ini pasar Ramadan yang ada di Taman Kota Sampit mengalami peningkatan dari 60 pedagang tahun lalu, kini ada 90 pedagang, itu pun yang terdaftar, sedangkan UMKM lainnya disekitar juga ada maka bisa sampai 100 lebih.

BACA JUGA:   Mahasiswa Dorong Tokoh Muda Berani Maju Pilkada Kotim

“Itu juga masih ada yang mau ikut, namun karena tempat dan stand terbatas maka cukup 90 saja,” ungkapnya.

Dirinya juga mempersilakan masyarakat untuk membuka lapak dagangan selama tidak menganggu ketertiban lalu lintas dan menaati aturan serta menjaga keamanan dan kehigenisan makanan maupun minuman yang dijual ke konsumen.

“Kita mendukung masyarakat untuk berjualan dan tetap menaati aturan yang ada, demi meningkatkan perekonomian di momentum Bulan Puasa Ramadan ini,”pungkasnya. (Nardi)