LPPTKA-BKPRMI : Menumbuh Kembangkan, Minat Baca Al-Qur’an Dikalangan Masyarakat

Acara wisuda dan Khatam Santri dan Santriwati TK/TP Al-Qur’an (LPPTKA-BKPRMI) Kabupaten Barsel.

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Keberadaan, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (LPPTKA)-Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Memiliki peran yang penting, dalam upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca Al-Qur’an dikalangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Syahrani saat membacakan sambutan Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri dalam acara Wisuda dan Khatam Santri-Santriwati TK/TP Al-Qur’an (LPPTKA-BKPRMI) Kabupaten Barito Selatan. Sabtu, (28/12/2019) bertempat gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Dikatakan Syahrani, dengan adanya keberadaan LPPTKA-BKPRMI di Kabupaten Barsel ini maka program Pemerintah untuk membumikan Al-Qur’an dapat terwujud.

“Melalui, Wisuda dan Khatam Santri-Santriwati kali ini patut kita syukuri karena di Kabupaten Barsel akan muncul ahli-ahli Qur’an dan penghapal Al-Qur’an yang akan memakmurkan agama di pelosok-pelosok Desa,”katanya.


Prosesi Pelantikan, Ketua, Pengurus dan Anggota DPD-BKPMRI Barsel Masa Bakti 2019-2023

Menurut Syahrani, kita patut memberikan apresiasi kepada para Guru, Ustadz dan Ustadzah yang serius dan konsisten dalam membina para santri atau secara ikhlas dan istiqomah. Membimbing, para calon kader penjaga kemurnian Al-Qur’an tanpa kenal lelah.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Serta rela mengorbankan waktu, tenaga, fikiran dan material demi tujuan mulia maka berkat tangan dingin dan ketulusan mereka inilah Alhamdulillah kita memiliki calon-calon generasi Qur’ani.

“Yang mampu, menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur’an Insya Allah kedepan Kabupaten Barsel akan memiliki para Penghafal atau Hafizh Al-Qur’an yang bisa menyejukan dan membawa keberkahan bagi daerah ini,”terangnya.

Diungkapkan Syahrani, kami menilai keberadaan TK/TPA ini merupakan bentuk pendidikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam membina kepribadian seorang Muslim sejak usia dini.

“Seorang Muslim, akan dapat mengamalkan nilai-nilai Islam dengan baik apabila ia sudah bisa membaca dan kemudian menghafal Al-Qur’an tersebut,”bebernya.

Pada kesempatan ini lanjutnya, kami berpesan kepada para Santri yang telah Khatam membaca Al-Qur’an agar selalu membacanya dan tidak berhenti membacanya bahkan menjadi penghafal Al-Qur’an 30 juz.

Kepada orang tua, pihaknya ingatkan supaya senantiasa memberi dukungan dan motivasi kepada anaknya secara terus menerus untuk bisa menjadi Hafizh Al-Qur’an.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Karena seseorang, tidak akan bisa menjadi Hafizh Al-Qur’an kalau sebelumnya tidak bisa membaca seperti saat ini,”jelasnya.

Lebih lanjut Syahrani menambahkan, tidak kalah pentingnya lagi dalam momentum yang berbahagia ini kita saksikan bersama-bersama Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD-BKPRMI) Kabupaten Barsel masa bakti 2019-2023.

“Yang kami harapkan, semoga para pengurus dapat selalu menebarkan kebaikan sehingga kegiatan ini akan benar-benar berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi kita semua,”tukas Syahrani.

Adapun susunan Kepengurusan DPD-BKPRMI Kabupaten Barsel Masa bakti 2019-2023 yakni Ketua Ustadz Iqbal Jauhary, Sekretaris Fahmi dan Bendara Lasmiani.

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Sekda Barsel Syahrani, unsur Forkopimda, beberapa Kepala SOPD Lingkup Pemkab Barsel, Ketua DPW BKPRMI Provinsi Kalteng, Ketua DPD-BKPRMI Barsel.

Selain itu juga dihadiri Direktur Daerah LPPTKA BKPRMI Barsel, Ketua MUI Barsel, Ketua PC NU Barsel serta Ketua PD Muhammadiyah Barsel.

(ded/beritasampit)