Desa Eka Bahurui Musim Rambutan

RAMBUTAN : ARIFIN/BS – Pohon rambutan milik warga Desa Eka Bahurui itu sudah terlihat berbuah lebat.

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Awal tahun 2020 sepertinya menjadi kabar gembira bagi warga Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pasalnya, pohon rambutan yang tumbuh di depan rumah masing-masing sudah banyak berbuah.

“Diperkirakan pertengahan Januari buahnya lebih banyak karena rata-rata pohon rambutan banyak yang berbuah,” ujar Kepala Desa Eka Bahurui Rusdiansyah saat ditemui diruang kerjanya, Jumat 3 Januari 2020.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Dia menjelaskan, Desa Eka Bahurui ada empat jalur permukiman penduduk, di mana hampir seluruh jalur tersebut warga memiliki pohon rambutan.

“Kalau saya lihat satu rumah ada lima pohon rambutan dan saat ini sudah mulai berbuah lebat,” kata Rusdi yang juga menjabat Ketua APDESI Kabupaten Kotim ini.

Mengenai pemasaran, lanjutnya, biasanya pembeli yang langsung datang ke lokasi. Salah satu alasannya, jarak antara desa menuju kota Sampit paling jauh 10 kilometer.

BACA JUGA:   Sejumlah Nama Birokrat Dinilai Kandidat Kuat di Pilkada Kotim

“Pembelinya datang sendiri ke Desa Eka Bahurui, biasanya pelanggan lama pembelinya,” ucapnya.

Senada diungkapkan Ketua RT 9 RW 3 Purwono. Dia menyebutkan bahwa jalur 2 hampir seluruh warga memiliki pohon rambutan.

“Rata-rata warga kami di desa ini memiliki pohon rambutan dan awal tahun ini sepertinya sudah banyak yang dipanen,” katanya.

(ifin/beritasampit.co.id)