Daya Tarik dan Keunikan Pantai Ujung Pandaran, Hipnotis Wisatawan

Pantai (IST/BS) : Salah satu spot foto di pantai Ujung Pandaran  

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT – Ancaman abrasi dan jalan rusak menuju kawasan wisata pantai Ujung Pandaran menjadi penyebab menurunnya pengunjung di kawasan yang berada di selatan kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Tapi keadaan ini tidak menyurutkan antusias pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan tahun baru di objek wisata pantai yang berada di kecamatan Teluk Sampit ini.

“Memang kata teman-teman waktu liburan tahun baru disana banyak spot yang rusak karena abrasi, tapi ada spot lain yang mereka katakan menarik untuk dinikmati,” ucap Alfin, salah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Surabaya, yang sedang libur Natal dan Tahun Baru di tempat kelahirannya di kota Sampit.

Saat dibincangi Berita Sampit, Sabtu (4/1/2020), mahasiswa jurusan tehnik elektro ini mengakui sudah tiga tahun tidak pernah lagi berkunjung ke pantai ujung pandaran, setiap masa liburan.

BACA JUGA:   Setelah Gubernur, Giliran Empat Dinas di Provinsi Terancam Batal Panen Raya di Kotim

Dirinya merasa penasaran dan tertarik ingin melihat langsung spot seperti penuturan teman kominitasnya.

“Dari foto-foto yang ditunjukan memang suasana Pantai Ujung Pandaran masih dalam perbaikan. Tetapi, bukan berarti tidak ada spot kekinian yang Instragamable untuk berfoto,” imbuhnya, sambil mengatakan akan menghabiskan waktu liburannya pada hari minggu besok di pantai Ujung Pandaran.

Yang menjadi daya tarik pemuda lajang asal Sampit ini adalah spot berbentuk dua pondok yang disatukan oleh jembatan, yang letaknya sedikit menjorok ke tengah laut. Air laut yang surut membuat hamparan pasir yang luas hingga lebih setarus meter ke tengah laut.

“Spot jembatan dan pondok itu keren untuk swafoto. Tembok pemecah ombak dan perahu nelayan disampinya itu juga menjadi pemandangan yang indah,” katanya, sambil menunjukkan beberapa foto di kamera hp miliknya.

BACA JUGA:   Bakal Calon Bupati Kotim Halikinnor Gelar Syukuran, Ingat Pesannya Ya!

Menurut Alfin, dua pondok yang disatukan dengan jembatan tersebut seperti gardu pandang ditempat-tempat wisata yang pernah ia kunjungi di pulau jawa.

“Siapun yang membuat spot itu harus diberikan apresiasi. Sebab tanpa disadari kretivitas yang dihasilkan menjadi salah satu daya tarik pantai ini,” ungkapnya.

Dari tempat itu tentunya pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah pantai dari atas dan menyaksikan lebih jelas bagaimana eksotis pantai Ujung Pandaran dan menikmati sunset.

“Mudah-mudahan lautnya sedang surut, jadi liburan besok tambah seru. Bisa foto dan nikmati sunset diatas gardu atau jembatan buatan. Nanti hasilnya pasti kami tunjukkan keteman-teman di jawa. Kalau bukan kita yang kenalkan daerah kita siapa lagi,” pungkasnya.

(jun/beritasampit)