Aneh Tapi Nyata! Ini 10 Masjid Terunik di Dunia

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat Islam. Dalam masjid dibagi menjadi dua wilayah yaitu khusus untuk laki-laki dan perempuan.

Sejumlah masjid dibangun dengan megah dan arsitektur yang unik, bahkan ada ditempat terpencil sekalipun.

1. Masjid Agung Djenne.

Djenne merupakan Kota kecil di Mali Afrika Barat, di Kota tersebut terdapat masjid unik yang terbuat dari lumpur dan kayu sebagai penyangga nya.

Masjid itu diberi nama Masjid Agung Djenne, masjid Agung ini dibangun oleh pengusaha bernama Sultan Koii Kunboro. Masjid awalnya sebuah istana, namun setelah Sultan Koii memeluk agama Islam bangunan tersebut dialih fungsikan menjadi masjid.

Masjid agung Djenne pun diresmikan di Unisco sebagai salah satu warisan dunia karena keunikan bangunannya.

2. Masjid Kapal di Semarang.

Umumnya masjid berbentuk persegi empat, namun beda dengan masjid yang satu ini. Masjid unik di Semarang ini bentuknya seperti kapal, karena bentuknya seperti kapal maka disebut Masjid Bahtera Nabi Nuh.

Masjid yang dibangun pada tahun 2015 ini sebenarnya bernama masjid Safinatun Najah. Terdapat filosofi khusus kenapa masjid ini menyerupai kapal Nabi Nuh. Sesuai namanya Safinatun Najah mengingat umat Islam tentang kisah nabi Nuh yang menyelamatkan umatnya dari banjir.

3. Masjid Kayu Tua Tunu Pangkalpinang.

Di kawasan Desa Tua Tunu Pangkalpinang, Bangka Belitung terdapat sebuah masjid unik. Masjid bermaterial kayu itu dinamai masjid Kayu Tua Tunu, masjid ini berada di tengah hutan dan kebun masyarakat.

Kawasan dimana masjid Kayu Tua Tunu berada dirintis dan dikelola Kelekak Comunity.

4. Masjid Perahu di Tebet.

Masjid dijalan Casablanca Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan ini cukup menarik perhatian.

Masjid Al-Munada Darussalam Baiturrohman atau biasa disebut masjid Perahu terletak diantara apartemen Casablanca dan Casablanca Mansion di kawasan Tebet.

Kawasan berada dijalan Casablanca tetapi jalan menuju masjid unik ini tidak terbuka lebar, hanya ada jalan setapak yang dilalui untuk sampai di masjid perahu tersebut.

5. Masjid di Tengah Hutan Gowa.

Di Tengah Hutan Gowa di Dusun Lonkoa Desa Bontoloe kecamatan Bontolembangang, Kabupaten Gowa terdiri sebuah masjid beistana. Masjid dengan 12 kubah itu didirikan seorang pengusaha kopi bernama Puang Busli.

Masjid yang berada di kaki Gunung Lompo Batang ini pun sebagai tempat ibadah karyawan nya, sejak dipublikasi melalui media sosial November 2019 lalu masjid yang didominasi warna kuning keemasan ini pun ramai dikunjungi warga.

6. Masjid Al-Dana di Abu Dhabi.

Masjid yang dirancang ex arsitek ini luasnya 2200 meter persegi. Masjid tersebut diberi nama masjid Al-Dana.

Masjid Al-Dana di Abu Dhabi ini dibangun di Kawasan Pejalan Kaki dimana letak masjid berada ditepi laut. Masjid berkubah miring ini dimaksudkan sebagai ruang keagamaan maupun sebagai ruang publik.

7. Masjid Dandaji di Niger.

Sebuah desa di Niger berdiri sebuah masjid yang dibangun oleh Mariam Kamara. Tempat ibadah umat Islam ini dinamai masjid Dandaji yang didesain oleh Atlelier Masomi.

Masjid Dandaji terletak diseberang perpustakaan hingga menciptakan hubungan antara Islam dan ilmu pengetahuan.

8. Masjid Sancaklar di Istambul.

Masjid bawah tanah pertama di Turki ini terus menarik perhatian pengunjung karena keunikkan arsitekturnya. Masjid Sancaklar terletak di daerah Buyukcekmece, Istanbul dengan luasnya menjangkau 1.200 meter persegi.

Arsitektur masjid ini menggabungkan desain Islam dan Ottoman dengan sentuhan modern, seolah-olah bebas dari tipologi arsitektur mainstream.

Masjid ini telah dirancang oleh arsitek Turki, Emre Arolat untuk Yayasan Sancaklar. Pada tahun 2013, masjid ini telah memenangkan tempat pertama dalam kompetisi Festival Arsitektur Dunia untuk tempat beribadah.

Sementara pada tahun 2015 pula, proyek ini tercalon untuk Penghargaan Desain yang diselenggarakan oleh Museum Desain London dan juga telah terpilih dari 40 calon Anugerah Mies Van Rohe.

Biro arsitektur Emre Arolat Architects menggunakan sebuah kombinasi dari batu abu-abu terang dan diperkuat beton cor untuk membangun Masjid Sancaklar.

Kepingan anak tangga yang panjang membawa tamu masjid menuju bangunan yang terletak di bawah tanah itu. Rerumputan yang tumbuh disekitarnya membantu untuk mengintegrasikan anak tangga dan atap menyatu dengan lanskapnya.

10. Masjid Yeni Vilide.

Masjid Yeni Valide di distrik Uskudar, Istanbul ini menaranya menjulang ke langit dengan atapnya yang berbentuk runcing, seperti anak panah yang terbang membelah angin.

Halaman masjid ini dipagari dan dipenuhi dengan pohon-pohon yang memberikan Yeni Valide suasana damai seperti taman. Nama masjid itu kadang-kadang ditulis dengan kata Arab jadidmenggantikan bahasa Turki yeni yang berarti ‘baru’.

Letak bangunannya indah dan proporsional. Ornamen yang menghiasi tembok dan langit-langitnya sungguh indah. Bagian dalam masjid dihiasi dengan indah dengan pola melengkung yang sangat populer.

Air mancur di taman masjid ini cocok dengan keseluruhan jauh lebih baik daripada banyak masjid besar Istanbul lainnya. Air mancur itu diubah dengan canggung di tahun- tahun kemudian.

Pada sebagian kompleks masjid terdapat makam Emetullah Rabiaa Gulnus Sultan yang di bangun dengan gaya ‘sangkar burung’. Memunculkan suasana unik dengan air mancur di sebelahnya. Air mancur dan makam dapat di temukan di jalan utama sudut timur kompleks.

Ada juga pondok kerajaan, dinaikkan di atas tingkat utama pada kolom, terpasang ke masjid. Karena Masjid Yeni Valide agak dekat dengan Masjid Sultan Mihrimah, azan di kedua masjid tersebut pun digabung.

Masjid merupakan tempat yang suci untuk umat Islam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Memakmurkan masjid adalah bagian dari orang orang yang beriman.

Allah SWT berfirman:
“Hanyalah yang memakmurkan Masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menuaikan zakat dan dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk,” QS. At-taubah: 18.