Inilah Daftar Kekayaan Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

JAKARTA – Aktivis HMI di pengujung era Sukarno, menteri dua kali, eks ketum Partai Golkar, dan Wakil presiden dua kali, Muhammad Jusuf Kalla, sudah kondang sebagai orang kaya lama. Tapi seberapa kaya?

Di Sulawesi, bisa jadi orang tak mengenal presiden Indonesia sekarang, tapi mereka pasti mengenal Jusuf Kalla. Orang-orang Makassar biasa memanggilnya Daeng Ucu. Kekayaan keluarga JK mulai dikumpulkan oleh orang tuanya, Haji Kalla dan Athirah, yang mendirikan N.V. Hadji Kalla pada 1952. Ketika dilanjutkan oleh anak-anak mereka, perusahaan itu berkembang biak dan kini dipayungi holding company Kalla Group.

Perusahaan-perusahaannya terutama bergerak di bidang otomotif dan konstruksi. Pernah naik pesawat? Kalau Anda sadar, ketika menyeberang dengan garbarata, akan ada tulisan bahwa konstruksi itu dibuat PT Bukaka Teknik Utama, perusahaan di bawah Kalla Group yang namanya diambil dari nama kampung kelahiran ibu Jusuf Kalla.

Kalla Group juga yang pertama-tama menjual mobil Toyota di Indonesia. Bahkan nama Kijang yang disematkan ke mobil yang bolak-balik didaur Toyota adalah pemberian Jusuf Kalla, singkatan dari “kerja sama Indonesia-Jepang”.

Jusuf Kalla dan adik iparnya, Aksa Mahmud, pemilik Bosowa Group adalah salah dua patron keluarga terkaya di Indonesia. Saat ini Jusuf Kalla memang tidak mau daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes, namun pada 2009 ia sempat masuk di peringkat ke-29 dengan nilai kekayaan 185 juta dolar AS (setara Rp2,035 triliun dengan kurs jaman segitu).

Saat itu ia berada di bawah Aburizal Bakrie (peringkat ke-9) dan di atas Bambang Trihatmodjo (peringkat ke-30). Kekayaan Jusuf Kalla naik drastis di 2009, tahun JK nyapres bareng Wiranto, padahal sebelumnya ia “cuma” di peringkat ke-49.

Lalu seberapa kaya JK hari ini? Per 2019, kekayaan JK menurun. Ia melaporkan punya 71 item tanah dan bangunan. Total semuanya bernilai Rp263,7 miliar. Tanah dan bangunan itu tersebar di Makassar, Bone, Gowa, Takalar, Kendari, Palu, Maros, Bogor, Pariaman, Batusangkar, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Badung, dan Melbourne.

Kami sempat mikir ngapain Jusuf Kalla punya tanah di Sumatra Barat. Kemungkinan sih karena Bu Mufidah Miah Sa’ad, istrinya, berkampung halaman di Sumatra Barat.

Selain tanah dan bangunan, ada 5 mobil yang JK punya. Sebagai juragan Toyota di Indonesia, JK terhitung setia sama merek ini. Ia memiliki sedan Toyota Crown 1994, jeep Toyota Land Cruiser 1996, Toyota Kijang 2000, sedan Toyota Prius Hybrid 2009, dan sedan Lexus LS460 2009. Semuanya bernilai Rp975 juta.

Sisanya, JK memiliki harta bergerak senilai Rp3,2 miliar, surat berharga senilai Rp77,2 miliar, kas dan setara kas Rp21,4 miliar, dan harta lainnya Rp534 miliar. Total keyaaan Jusuf Kalla yang dilaporkan ke LHKPN sebanyak Rp900,8 miliar. Rasanya uang segitu wajar untuk ukuran pengusaha korporasi besar. (int)