Tempuh Jarak 2 KM, Pawai Taaruf MTQ Kecamatan Baamang Disambut Antusias Warga

SAMPIT – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51 tingkat Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), akan berlangsung dari hari Jumat-Senin, 24-27 Januar 2020, ditandai dengan pelepasan pawai taaruf oleh Pelaksana Tugas (Plt) Camat Baamang, Rody Kamislam.

Dilepas resmi dari Jalan Bandara depan Kantor Kelurahan Baamang Hulu, ratusan peserta pawai yang terdiri dari pelajar tingkat SD/MIN, SMP/MTs hingga SMA sederajat, kelompok pengajian dan Tim Penggerak PKK, mengikuti pawai ta’aruf MTQ, yang dimeriahkan dengan penampilan beberapa kelompok drumband ini menempuh jarak sekitar 2 (dua) kilometer, melalui Jalan Baamang Hulu I, Jalan Pertamina, Jalan Muchran Ali, dan Finish di arena MTQ Jalan Samekto, bundaran nanas Kawasan Bandara H. Asan Sampit.

“MTQ merupakan kegiatan keagamaan rutin tahunan yang telah diprogramkan pemerintah daerah setiap tahunnya, sebagai ajang perlombaan di bidang tilawatil quran dan cabang-cabangnya. Semoga dengan kegiatan ini, lahir qori/qoriah dan hafiz/hafizah penghafal quran dari Kecamatan Baamang yang akan menjadi duta untuk mengikuti even yang lebih tinggi, baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan hingga ke tingkat pusat,” harap Camat Baamang Rody Kamislam.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Safari Ramadan Pertama dan Serahkan Bantuan di Kecamatan Kota Besi

Sementara Sekretaris Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Baamang, Amrullah, menyebutkan, puluhan peserta utusan dari 6 kafilah yang berasal dari 5 kelurahan dan 1 desa se-Kecamatan Baamang ini nantinya akan mengikuti 6 cabang yang diperlombakan dan satu cabang lomba tambahan.

“Cabang yang di musabaqahkan, antara lain Tilawah, Hafizh, Fahmil dan Syarhil Quran. Kegiatan ini nantinya juga di warnai dengan lomba fesyen busana muslim dan hiburan yang bernuansa islami ” kata Amrullah saat dibincangi Berita Sampit, Jumat 24 Januari 2020.

BACA JUGA:   Camat Mentaya Hulu Imbau Warga Tidak Melintas Jalan Rusak yang Sedang Diperbaiki

Dijelaskan, Untuk cabang Tilawah, antara lain Tartil Al Qur’an, Tilawah (Anak-anak, Remaja dan Dewasa) dan Qira’at Al Qur’an. Kemudian Cabang Hifzh Al Qur’an Gol. 1 Juz dan Tilawah (Tilawah dari juz 1 s/d juz 10 dan hapalan  dari juz 1 atau juz 30). Serta cabang Fahmil dan Syarhil Al Qur’an.

“Semoga berjalan lancar, tertib dan aman hingga malam penutupan nanti. Penjurian berjalan baik sesuai kapasitas dan kemampuan peserta. Yang terpenting adalah partisipasi warga kelurahan Baamang Hulu dan masyarakat Sampit untuk menyamarakan even ini,” ungkapnya.

Hadir di acara itu, jajaran Muspika Baamang, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Ketua MUI, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Baamang, pengurus OKP dan masyarakat yang terlihat antusias menyaksikan jalannya pawai taaruf.

(jun/beritasampit)