Lamandau Sabet SPIP Level 3 dari BPKP Kalteng

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat menerima Penghargaan Maturitas dalam Penyelenggara Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten Lamandau menerima Penghargaan Maturitas Penyelenggara Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penghargaan langsung diserahkan Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada kepada Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat kegiatan Pendampingan Reviu atas Laporan Keuangan Pemda Tahun 2019 dan SIMDA Perencanaan di Nanga Bulik, Lamandau, Kalimantan Tengah, Senin 17 Februari 2020 Kemarin.

“Kami bersyukur Lamandau mendapatkan penghargaan di bidang pengendalian internal pemerintah. Semoga dengan apresiasi ini semakin memacu kinerja pemkab di bidang pengendalian SPIP,” jelas Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana saat dihubungi Selasa 18 Febuari 2020 malam ini.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau: Safari Ramadan Mempererat Hubungan Pemerintah dan Desa

Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur berkelanjutan. Dengan diperolehnya penghargaan ini menandakan sistem pengendalian internal pemerintah Kabupaten Lamandau telah berjalan dengan baik.

“Pemkab akan terus memperkuat pengawasan dan pengendalian internal dengan mendukung inspektorat dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga ketertiban dan kedisiplinan para ASN bisa terus terjaga,” kata Bupati Hendra.

H Hendra pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas peran aktif dan terlibat dalam pengawasan internal daerah.

“Kami berharap tahun depan Lamandau bisa meraih level 4 yaitu terkelola dan terukur,” pungkasnya.

Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada pun mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemkab Lamandau mendapatkan penghargaan tersebut.

BACA JUGA:   Kasus Asusila Terhadap Anak di Lamandau Menjadi Perhatian Serius

“Kami ucapkan selamat ya, semoga capaian ini dapat dipertahankan dan bisa memotivasi teman-teman instansi pemda lainnya.” ujarnya.

Berdasarkan data, ada beberapa tingkat maturasi penyelenggaraan SPIP yakni mulai tingkat 0 atau belum ada, level 2 atau rintisan, level 3 terdefinisi, level 4 terkelola dan terukur, yang terakhir level 5 yaitu optimal.

Kabupaten Lamandau sendiri mendapat penghargaan Maturitas penyelenggaraan SPIP level 3. berarti dinilai sudah melaksanakan lima sub unsur kriteria penilaian SPIP. Yakni penilaian terhadap lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, juga unsur pemantauan.

(And/beritasampit.co.id)