PBS Diminta Berdayakan Tenaga Kerja Lokal 

Faisal Damarsing

SAMPIT – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Faisal Damarsing meminta agar pihak Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang ada di Kotim ini khususnya wilayah Daerah Pemilihan IV, Kecamatan Telawang, Kota Besi, Cempaga dan Cempaga Hulu memberdayakan tenaga kerja lokal.

Hal ini diungkapkannya menyangkut masih banyaknya pemuda atau pemudi di daerah tersebut yang dalam status menganggur lantaran sulitnya diterima bekerja di perusahaan-perusahaan diwilayah hukum tersebut.

“Ini juga keluhan langsung yang kami terima dari masyarakat, harapan kami pihak PBS khususnya di bidang industri kelapa sawit maupun pertambangan memberdayakan tenaga kerja lokal kita, agar tidak ada kesan ketimpangan dan status sosialnya,” ungkapnya Jumat 28 Februari 2020.

BACA JUGA:   Niat Memperbaiki Atap, Seorang Kuli Bangunan di Kotim Kesetrum Listrik

Legislator PDI Perjuangan ini juga mengharapkan agar pemerintah daerah tidak tutup mata berkaitan dengan hal ini, agar masyarakat tidak merasa ditinggalkan ataupun mendapatkan tempat yang tepat diwilayah mereka masing-masing dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

“Tugas dan kewajiban pihak perusahaan juga harus dilakukan, bentuk tanggungjawab dalam mensejahterakan masyarakat bisa melalui berbagai aspek, salah satunya memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, dimana perusahaan tersebut beroperasi,” tutupnya.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Seorang Pria Pemilik 2,56 Gram Sabu di Kecamatan Antang Kalang Kotim

Dia juga menilai PBS di dapil IV cukup banyak, namun kehadiran mereka diminta harus membantu beban pemerintah daerah dalam melahirkan SDM handal dan mengungari angka pengangguran di Kotawaringin Timur ini.

“Bentuk dari sinergi perusahaan dengan pemerintah bisa di wujudkan dari mengungari beban yang ada khususnya mengungari angka pengangguran di Kotim ini, itu menurut kami adalah kewajiban perusahaan atau investor,” tutupnya.

(Drm/beritasampit.co.id)