Ini Aksi Sosial Pengurus DPC IPJI Barut

IST/BS - Pengurus DPC IPJI Barito Utara saat Donor Darah untuk pasien gagal jantung di RSUD Muara Teweh.

MUARA TEWEH – Kepedulian donor darah merupakan salah satu kegiatan yang bernilai kemanusiaan juga dikatakan bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Biasanya kegiatan donor darah dilakukan oleh PMI yang bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Kali ini kegiatan donor darah dilakukan oleh organisasi wartawan, melalui Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Barito Utara (Barut) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh. Donor darah ini dalam rangka kepedulian terhadap pasien Runas Sakit Noorhayati yang mengalami gagal jantung.

Ketua IPJI Barito Utara Hayannor mengatakan, kepedulian organisasi wartawan ini spontan karena peduli kepada rekannya Aswan, yang istrinya mengalami penyakit jatungan. Karena membutuhkan 4 kantong darah golongan O.

“Yang tidak kalah pentingnya, tujuan kita melakukan donor darah adalah agar membantu meningkatkan kesadaran untuk melakukan donor darah kepada saudara yang membutuhkan disamping bertujuan untuk meningkatkan kesehatan,” terang Anung sapaan akrabnya.

Sementara itu, Manggara Fidel Harianja yang sedang mendonorkan darahnya secara sukarela mengatakan, tujuan dirinya mendonorkan ini bukan saja membantu orang yang membutuhkan namun untuk kesehatan pribadinya.

Selain itu, Harianja Sekretaris IPJI Barut, menuturkan, pendonor darah memiliki risiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mendonorkan darah juga bisa mengurangi risiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya bahkan bisa meregenerasi sel-sel dalam tubuh. (Afr/beritasampit.co.id)