Pj Sekda Kapuas Ajak Masyarakat Terus Sukseskan Program Germas

FORUM : HMS FOR BS - Suasana forum koordinasi lintas sektor Germas yang dilaksanakan Pemkab Kapuas, Senin, 2 Maret 2020.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan forum koordinasi lintas sektor gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas, berlangsung di Aula Disdagperinkop dan UKM setempat, Senin, 2 Maret 2020.

Forum yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, Kepala Bidang (Kabid) Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Fery Iriawan, Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng Tukas Umar, perwakilan organisasi perangkat daerah setempat dan undangan, dibuka Pj Sekda Kapuas Andreas Nuah.

Menurut Andreas, forum ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mendukung dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Mengingat, kata dia, Germas merupakan suatu upaya untuk menurunkan faktor resiko penyakit menular terutama di wilayah Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Saya minta melalui kegiatan ini agar seluruh elemen-elemen pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama guna melaksanakan maupun mensosialisasikan Germas ini, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam hal menjaga kesehatan,” ucap Andres

Selain itu, ia juga meminta kepada organisasi perangkat daerah di Kabupaten Kapuas untuk bersama-sama melaksanakan dan mensosialisasikan Germas ini sampai kejajaran paling bawah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Germas sehingga tercipta masyarakat Kapuas yang selalu sehat dan cerdas,” kata Andreas.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng Tukas Umar selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menerangkan terdapat beberapa tujuan dalam kegiatan pelaksanaan Germas ini, yaitu menurunkan beban penyakit menurat dan tidak menular, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit serta menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Lanjut dia, adapun tujuan khusus dari Germas ini untuk meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku sehat dan juga peningkatan  edukasi hidup sehat.

“Dalam penyusunan rencana kegiatan Germas di Kabupaten Kapuas, difokuskan pada kegiatan yang berkontribusi signifikan pada enam tujuan yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegaha dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi sehat,” pungkas Tukas Umar.

(irfan/beritasampit.co.id)