Wisata Kuliner Tingkat Perekonomian Ibu Rumah Tangga

Lapak : ENN/BERITA SAMPIT - Salah satu lapak yang menjual banyak makanan khas Sukamara di Wisata Kuliner Kelurahan Padang.

SUKAMARA – Lurah Padang, Kecamatan Sukamara, Iskandar Taufik mengatakan bahwa gelaran wisata kuliner khas Sukamara yang dilaksanakan pada Jumat (6/3/2020) bertujuan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Khususnya para perempuan, para ibu rumah tangga yang memiliki usaha berjulaan jajanan khas Sukamara,” kata Iskandar Taufik usai Bupati Sukamara membuka wisata kuliner di sepanjang Jalan Ahmidi, Jumat (6/3/2020).

Iskandar juga menerangkan bahwa wisata kuliner yang digelar pihaknya juga untuk menjaga dan melestarikan makanan tradisional ditengah persaingan makanan asing dan modern.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

“Sangat penting dilakukan pelestarian makanan khas Sukamara, karena yang kita tahu sekarang ini makanan modern sudah sangat mudah ditemui dengan penyajian yang menarik,” jelas Iskandar.

Dalam wisata kuliner khas Sukamara Kelurahan Padang setidaknya ada 100 pedang yang ikut ambil bagian baik dari Sukamara dan kabupaten tetangga seperti Kotawaringin Barat dan Lamandau.

“Ada 100 lapak yang terdiri dari 60 lapak peragang makaman khas Sukamara dan 40 lapak pedagang makanan campuran,” terang Iskandar.

BACA JUGA:   BPKAD Sukamara Minta Aset Dinas yang Rusak untuk Dilelang

Saat membuka wisata kuliner kampung padang, Bupati Sukamara didampingi Wakil Bupati Sukamara, Ketua DPRD Sukamara serta Forkopimda disambut dengan adat lawang pintu yang menampilkan beberapa atraksi seperti Silat Kuntau yang dimainkan tiga orang.

Ratusan masyarakat menyaksikan dengan antusias adat lawang pintu yang diperlihatkan di depan Bupati Sukamara beserta tamu undangan. (enn/beritasampit.co.id)