International Day Of Forests, Momentum Lestarikan Hutan dan Melindungi Satwa

Hutan dan Satwa. Istimewa

JAKARTA— Setiap tanggal 21 Maret diperingati sebagai International Day Of Forests atau Hari Hutan Sedunia.

Perayaan ini ditetapkan melalui resolusi PBB tahun 2012 dengan tujuan mendorong semua negara anggota melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian hutan. Peringatan Hari Hutan Sedunia itupun telah dilaksanakan sejak 2013.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan peringatannya hari ulang tahun yang kedelapan pada tahun 2020 ini mengusung tema, ‘Hutan dan Keanekaragaman Hayati’ (Forests and Biodiversity).

BACA JUGA:   Perkuat Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Hadiri Diskusi dengan Alumni UI

Untuk itu, Bamsoet berharap pemerintah menjadikan momentum itu sebagai langkah mengembalikan ekosistem beserta keanekaragaman hayati yang rusak akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

“Saya berharap pemerintah jadikan momentum tersebut untuk melestarikan lingkungan dan keasrian hutan,” kata Bamsoet, Sabtu, (21/3/2020).

Selain itu, mantan Ketua DPR RI menghimbau masyarakat untuk selalu melindungi hutan dan satwa liar, mengingat Indonesia merupakan paru-paru dunia.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Mendesak Kementerian ESDM Kaji Ulang PJUTS yang Bermasalah

“Mari kita bersama-sama memaksimalkan potensi hutan dan keanekaragaman hayatinya dengan baik, tanpa merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Sehingga hasil hutan dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)