Sempat Kontak dengan Pasien Positif Corona, Enam Orang Periksakan Diri

HARDI/BERITA SAMPIT - Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Yayuk Indrianti.

PALANGKA RAYA – Peran serta masyarakat dalam menghentikan pencegahan wabah virus Covid-19 memang sangat diperlukan, terlebih ketika merasa pernah kontak dengan pasien positif corona untuk secepatnya memeriksakan diri.

Seperti yang dilakukan beberapa warga Kota palangka Raya dua hari yang lalu yang datang langsung ke Rumah Sakit Doris Sylvanus, pasalnya mereka sebelumnya sempat kontak dengan pasien positif corona.

Kemudian para warga diperiksa, dan hasilnya ada beberapa yang menjadi Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan ODP (Orang Dengan Pengawasan). Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Yayuk Indrianti saat press release di Kantor Gubernur Kalteng Minggu 22 Maret 2020.

“Dari 6 orang tersebut yang menjadi PDP ada 2 orang, karena kontak langsung dengan yang positif virus corona tersebut. Untuk yang sudah jadi PDP jangan khawatir,” kata Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Yayuk Indrianti.

BACA JUGA:   Simpan Tiga Paket Sabu, Pria di Palangka Raya Ditangkap Polisi 

Selain itu Yayuk menyatakan penyakit ini bukan penyakit yang haram, karena siapa saja bisa terkena hal tersebut temasuk tim medis. Sehingga dia mengatakan apabila merasa pernah kontak dengan orang yang positif Covid-19 harap segera datang ke rumah sakit terdekat untuk di periksa.

“Dengan begitu kita bisa memberikan informasi untuk yang pernah kontak tersebut. Sehingga tidak membuat keluarga yang menjadi suspek menjadi cemas,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Satgas Leonard S Ampung mengatakan untuk daerah yang banyak ODP sekarang ini Kabupaten Kotawaringin Barat mencapai 53 orang. Sedangkan PDP masih didominasi dari Kota Palangka Raya, akan tetapi ada sekitar 24 orang yang menunggu hasil laboratorium.

BACA JUGA:   Kadis Kominfosantik Kalteng Bagikan Bantuan untuk Pasar Murah di Kabupaten Barut

“ODP memang meningkat, namun PDP mengalami penurun dari hari Sabtu kemarin. Itu pun tidak seberapa turunnya,” kata Leonard.

Tercatat hingga saat ini di RSUD Dorys Sylvanus Kota Palangka Raya telah menangani 29 (Dua Puluh Sembilan) kasus, RS Sultan Imanuddin 7 (tujuh) kasus, dengan jumlah pasien dari Kota Palangka Raya 26 (dua puluh enam) orang, Kotawaringin Barat 5 (lima) orang, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Barsel dan Barut sama satu orang.

“Kondisi Pasien masih distabilkan oleh tim medis baik yang ada di RSUD Dorys Sylvanus dan Sultan Imannuddin,” tegas Leonard

Sekali lagi sebagai ketua satgas ia mengingatkan kepada masyarakat Kalteng jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendadak dan sangat penting.

“Lebih baik di rumah saja, kalau tidak ada yang penting,” imbaunya

(Hardi/Aul/beritasampit.co.id)