Tangkal Virus Corona, Bupati Seruyan Sarankan Minum Tanaman Brotowali

Berita Sampit
BUPATI : AHMAD/BERITA SAMPIT - Bupati Seruyan, Yulhaidir.

BANYAK tanaman obat yang memiliki sederet khasiat sehat, namun belum banyak disadari oleh masyarakat, salah satunya adalah tanaman brotowali atau penawar sampai. Tanaman obat traditional ini biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan.

Seperti dikutip dari wikipedia, rebusan batangnya yang sangat pahit bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan mengurangi resiko kencing manis.

Ditengah merebahnya wabah virus corona, Bupati Seruyan, Yulhaidir pun menyarankan agar masyarakat meminum batang brotowali, bahkan ia meyakini tanaman ini mampu mencegah masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh manusia, seperti corona saat ini.

“Mudah-mudahan ini bagus dan bermanfaat dan bisa menangkal Covid-19, orang demam saja minum itu langsung sehat dan keringatan, Insha Allah sehat yang jelas untuk menyegarkan tubuh kita, membantu daya tahan tubuh kita agar tidak mudah sakit. Sebab kondisi badan yang sakit itu rentan masuknya virus,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pengukuhan TGD Bisnis dan HAM Guna Meningkatkan P5HAM
Berita Sampit
Ist/BERITA SAMPIT – Foto tanaman brotowali yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal itu ia ungkapkan, saat diwawancarai, meskipun belum ada penelitian medis yang mampu membuktikan dapat mengobati corona, namun Yulhaidir yakin tanaman ini mampu menjaga daya tahan tubuh.

“Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Seruyan agar mengkonsumsi rebusan air penawar brotowali, kalau tidak sanggup meminum rebusan dibuatkan kapsulnya. Bisa sehari dua kali ataupun 3 kali, ini minuman wajib baik di kantor maupun dirumah tidak usah dicampur dengan apapun,” jelasnya.

BACA JUGA:   Fairid Siap Maju Kembali pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Yulhaidir sendiri membeberkan manfaat yang dirasakannya setelah ia meminum batang morowali tersebut.

“Saya tidak sembarang mengajak yah, karena setelah 2 hari ini saya minum saya merasakan badan yang segar,” terangnya.

Selain itu, dia juga menginstruksikan pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Seruyan untuk dijadikan sebagai minuman wajib.

“Bahkan saya wajibkan bagi ASN untuk meminum penawar sampai, saat dirumah atau pas masuk ke kantor wajib minum itu,” ujaranya.

Lebih lanjut ia menceritakan, bahwa ada misteri dibalik minuman tersebut,  “Saya ngak bisa ceritakan ini, mengapa saya mengajak masyarakat untuk meminum ini karena ada cerita dibalik ini semua,” paparnya.

(ASY/beritasampit.co.id)