Bapelkes Jadi Bangsal Buat Pasien Covid-19 di Kalteng

dr Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA – Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) akan jadi bangsal buat pasien covid-19, hal ini disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul saat di jumpai oleh awak media di VIIP Room di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya Sabtu, 4 April 2020.

“Gubernur juga sudah memberikan persetujuan melalui WA, mempersilahkan melanjutkan rencana Bapelkes yang akan jadikan sebagai bangsalnya Doris Sylvanus. Hal ini dikarenakan ruang perawatan sudah penuh jadi kita bikin yang baru di Bapelkes,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul.

BACA JUGA:   20.379 Jiwa Terdampak Banjir di Kota Palangka Raya

Sehingga operasionalnya tetap di bawah kendali direktur rumah sakit Doris Sylvanus. Selain itu prosedur-prosedurnya juga sama berada di bawah kendali direktur rumah sakit Doris Sylvanus.

“Kita akan membenahi beberapa hal di Bapelkes tersebut, seperti alur masuk dan alur keluar pasien, serta alur keluar dan alur masuk baju-baju yang habis dipakai oleh tenaga kesehatan, serta masker-masker. Kalau kami harus jelas, tidak boleh tempat masuk menjadi tempat keluar,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

Dia juga menegaskan di bapelkes itu hanya untuk pasien-pasien ringan yang tidak memerlukan alat bantuan hidup. Sehingga baik itu ODP maupun PDP yang tidak memerlukan alat bantuan hidup seperti ventilator, dan monitor akan di arahkan ke Bapelkes. (Hardi/beritasampit.co.id)