Ini Cara MTSN Kobar Mengatur Siswa Belajar di Rumah

FOTO KENANGAN : MAN/BERITA SAMPIT - Foto selvie kenangan Kepala MTsN Kobar Suratno, (kiri) saat umroh bersama wartawan beritasampit.co.id, Maman Wiharja.

PANGKALAN BUN – Setelah sekian lama semua murid sekolah di rumahkan dalam antisipasi Covid-19, tampaknya tak banyak diketahui masyarakat, bagaimana para Guru atau Kepala Sekolah (Kepsek) tentang cara menerapkan belajar mengajar kepada muridnnya di rumah.

“Sederhana saja, pertama sebagai Kepala Sekolah kita mengikuti dulu skema aturan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Kemudian semua aturan dari Dikbud kita bahas dengan seluruh guru, melalui HP, Android, Laptop,” kata Suratno Kepala MTsN Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Senin 27 April 2020.

Menurut Suratno, semua murid dirumahkan tidak ada kendala malah bagus untuk menghindari dan memutus mata rantai penularan Covid 19. Kemudian, sebelum murid dirumahkan pihak sekolah sudah menyampaikan kepada orang tua murid, tentang cara belajar mengajar jarak jauh.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

“Itu semua sesuai arahan dan instruksi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar, bahkan bila ada jadwal teleconferensi misal dari Kementerian Pendidikan, atau dari Dikbud Provinsi, para Kepala Sekolah juga dianjurkan untuk ikut melihat dan mendengarnya,” ujar Suratno.

Dijelaskan Suratno, cara belajar mengajar jarak jauh di MTsN Kabupaten Kobar sampai sekarang berjalan lancar, “Bahkan besok, Selasa 28 April 2020 MTsN, Guru bidangnya telah menginformasikan akan mengadakan kelas virtual bahasa Inggris dari rumah masing-masing murid,” imbuh Suratno.

Lanjut Suratno, sesuai laporan dari staf Guru kepada Kepala Sekolahnya, Selasa 28 April 2020, yang mengikuti Kelas Virtual yakni Kelas 9 E pada Pukul 09.00 WIB, Kelas 9 F Pukul 10.00 SWIB, Kelas 9 G Pukul 11.00 WIB.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

Dengan demikian maka diperlukan perangkat, yaitu Akses Internet, Perangkat Penghubung (Laptop/HP/Android). Untuk Laptop tidak perlu memasang Instal apapun, cukup dengan mengetik link yang diberikan.

Untuk Android harus memasang aplikasi dari Playstore, yaitu JITSI MEET. Link kelas akan dikirimkan pada jam mulai jadwal tersebut. Demikian disampaikan unttuk dapat diikuti, “Nah itulah salah satu kegiatan yang dilaporkan Guru, kepada saya, sebagai Kepala Sekolah MTsN Kabupaten Kobar,” papar H. Suratno. (man/beritasampit.co.id).