ODP dan PDP Katingan Berkurang, Ini Upaya Pencegahan Pemkab

DATA COVID-19 : IST/BERITA SAMPIT - Data laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Kamis 30 April 2020.

KASONGAN – Berdasarkan laporan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Sakariyas, Kamis 30 April 2020 kasus Covid-19 di Katingan mengalami penurunan menjadi 41 kasus yang sebelumnya ada sebanyak 43.

Status Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 4 orang, terjadi pengurangan 1 orang dari Kecamatan Marikit. Kemudian, status Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 21 orang. Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 12 orang, ada pengurangan 1 orang dari Kecamatan Katingan Tengah, karna jumlah sebelumnya ada 13 orang, dan pasien positif masih 4 orang.

Dengan hal ini, Bupati Katingan Sakariyas, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan yaitu, Satuan Polisi Pamong Praja melaksanakan Kegiatan Pengamanan Surat Edaran Bupati tentang Pelarangan dan Pembatasan Aktivitas Selama Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah/2020 Masehi serta Pengamanan Himbauan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Hampalit, Desa Telangkah dan Desa Banut Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan di Kasongan

Kemudian, Satuan Polisi Pamong Praja melakukan Kegiatan Patroli dari Mako Satpol PP ke Karoeke 9 Bukit Batu, di semua taman Kota Kasongan, tempat wisata, pelabuhan untuk mengimbau dan memberikan edukasi kepada masyarakat atau remaja yang masih ada berkumpul.

Untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan selalu rutin melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengendara dan penyemprotan desinfektan kendaraan yang menuju Kabupaten Katingan di Posko Lapangan Kasongan–Palangka Raya di Hampangen dan Posko Lapangan Kasongan–Sampit di KM. 31.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Begitu juga, di Posko Covid-19 KM 40 Simpang Jalan HPH PT Graha dan PT Gaung melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengendara yang menuju Kecamatan Petak Malai dan melakukan himbauan untuk menggunakan masker serta membagikan masker bagi pengendara yang tidak menggunakan masker. Dan Kecamatan Petak Malai membantu masyarakat mengangkut hasil pertanian berupa padi dan mengimbau untuk tidak menjualnya. (Annas/beritasampit.co.id).