Kasus Positif Covid-19 Kalteng Mengalami Penambahan Lagi

Ist/BERITA SAMPIT - Peta Penyebaran Covid-19 di Kalteng.

PALANGKA RAYA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 atau virus corona di Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali bertambah sebanyak 31 kasus, dengan rincian dua kasus ditemukan di Kota Palangka Raya, 15 kasus Kabupaten Kotawaringin Barat, 7 kasus di Kabupaten Lamandau,1 kasus di Kabupaten Sukamara dan 6 kasus di Kabupaten Kapuas. Dengan demikian, jumlah kasus positif Covid-19 di Kalteng hingga saat ini secara akumulasi mencapai 397 kasus.

Penambahan kasus positif Covid-19 tersebut diketahui dari data yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng dalam rilisnya pada Sabtu 30 Mei 2020, pukul 15.00 WIB. Diinformasikan bahwa jumlah pasien meninggal dunia sampai saat ini bertambah 2 orang menjadi 19 orang. Begitu juga jumlah pasien dalam perawatan bertambah 25 orang menjadi 214 orang.

BACA JUGA:   Polsek Bukit Batu Melakukan Patroli di Kawasan Rawan Karhutla
800

“Sementara itu, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada hari ini bertambah 4 orang, sehingga secara keseluruhan menjadi 164 orang. Keempat orang pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Kota Palangka Raya 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang dan Kabupaten Murung Raya 2 orang,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Data lain dari rilis Gugus Tugas Covid-19 Kalteng hari ini menunjukkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang 8 orang, sehingga total menjadi 69 orang. Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak berubah masih sama seperti hari sebelumnya. Dengan jumlah ODP terbanyak masih berada di Kota Palangka Raya, yakni 94 orang. Untuk Orang Kontak Erat Tanpa Gejala (OTG), yang semula berjumlah 1.351 orang berkurang 1 orang menjadi 1.350 orang, dengan jumlah OTG terbanyak terdapat di Kabupaten Murung Raya, yakni 621 orang.

BACA JUGA:   Bahas Pilkada, HMI Hadirkan Ketua Bawaslu dan KNPI Kalteng

Lebih lanjut, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalteng terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan percepatan penanganan penyebaran virus corona di Bumi Tambun Bungai, seperti menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan atau pola hidup bersih dan sehat di tengah pandemi, membagikan bantuan masker, hingga bantuan sosial berupa Sembako atau uang tunai.

Pola hidup bersih dan sehat yang gencar disosialisasi tersebut, antara lain mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, physical distancing, dan menggunakan masker ketika harus beraktivitas di luar rumah. Gubernur Sugianto dalam berbagai kesempatan menegaskan, keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 mutlak memerlukan kerja sama dan dukungan seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, jajaran TNI/POLRI, maupun semua elemen masyarakat.

(Hardi/Berita Sampit.co.id)