Bawaslu Kapuas Perkuat Lembaga Hadapi Pilkada 2020

BIHALAL: Fai/Berita Sampit - Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas (Tengah), didampingi KorDiv.Pengawasan (Kanan), dan Koordinator Sekretariat (Kiri), saat melaksanakan Halal Bi Halal Daring, di Kantor Bawaslu Kapuas.

KUALA KAPUAS – Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1441 H, Bawaslu Kabupaten Kapuas lakukan Halal Bi Halal Daring bersama Bawaslu Provinsi, dan seluruh Pengawas Adhoc Non Aktif, yaitu Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Keluran Desa (PKD) Se-Kabupaten Kapuas, Selasa 3 Juni 2020.

Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan, hikmah yang bisa dipetik dari Halal Bi Halal ini, untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah agar persaudaraan makin akrab. “Terutama untuk memperkuat Lembaga Bawaslu Kapuas, dalam rangka menghadapi pengawasan tahapan lanjutan Pilkada 2020,” katanya

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Lanjut Iswahyudi, sedangkan untuk kepastian pelaksanaan tahapan dan pengaktifan Pengawas Adhoc, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu RI. “Sedangkan untuk tahapan pengawasan sekaligus pengaktifan Pengawas Adhoc, kita masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu RI melewati Bawaslu Provinsi” tuturnya.

Senada dengan Iswahyudi, salah satu Anggota Bawaslu Kalteng, Tity Yukrisna mengatakan, Pengawas Adhoc akan di aktifkan kembali sebelum masuk tahapan pemilu.”Sebelum masuk tahapan pemilu pada tanggal 15 Juni 2020,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara Hj Siti Wahidah, yang juga selaku Anggota Bawaslu Provinsi Kalteng, menegaskan kepada Pengawas Adhoc agar mengawasi tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu. “Kami berharap, tidak hanya mengawasi Oknum penyelenggaranya, tapi juga seluruh tahapan yang dilaksanakan, apakah sudah sesuai dengan prosedurnya, atau tidak,” lugasnya.

Dia juga mengharapkan agar lebih mengutamakan pencegahan dibandingkan penindakan. “Jadi pengawasan itu tidak serta merta penindakan, tapi lebih mengutamakan pencegahan, ketika kita berhasil melakukan pencegahan, berarti sudah berhasil dalam pengawasan,” tutupnya. (Fai/beritasampit.co.id)