Siap Siaga Karhutla di Murung Raya, Kapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan

LULUS/BERITA SAMPIT - Kapolres Murung Raya, AKBP Dharmeswara Hadi Koncoro SIK bersama Wakil Bupati, Rejikinoor dan Kajari Murung Raya, Suyono SH MH saat pengecekan kesiapan peralatan penanganan Karhutla.

PURUK CAHU – Kapolres Murung Raya, AKBP Dharmeswara Hadi Koncoro SIK memimpin Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhuta) yang dilaksanakan di Bundaran Emas jalan Jendral Sudirman Kota Puruk Cahu, Kamis 11 Juni 2020.

“Apel gelar pasukan ini untuk mengetahui kekuatan personel dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada dalam mengahadapi Karhutla, serta untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan lembaga. Sehingga bencana Karhutla di Kabupaten Mura dapat ditangani dengan baik,” tutur AKBP Dharmeswara.

Kata dia, salah satu tujuannya adalah pencegahan dini dan mengantisipasi Karhutla serta menghimpun kekuatan yang ada dibawah satu komando melibatkan instasi pemerintah, relawan dan masyarakat.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Di Murung Raya ada 6 pos yang tersedia dan itu sudah kita laporkan sampai ke pak Presiden. Nantinya akan dicek langsung oleh pak Kapolda,” katanya.

Menurut dia, hidup sehat merupakan amanat Undang-undang, setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan, menghirup udara segar dan sehat tidak terjadi pencemaran akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Seperti pada tahun lalu bahwa dampak Karhuta sangat luas, menimbulkan asap yang tebal sehingga menyebabkan penyakit ISPA bagi masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Dia mengajak semua pihak dapat terlibat dalam cegah dini penanggulangan Karhutla termasuk DAD kerjasama dalam memberikan pengertian kepada masyarakat dilanjutkan sinergi semua pihak unsur terkait sejalan dengan amanat instruksi Presiden dalam peningkatan pengendalian Karhutla melakukan tugas pengendalian di wilayah masing-masing.

Dalam pelaksanaan apel tersebut dihadiri Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Kejari Mura, Suyono SH MH dan Sekda Mura, Hermon dengan melibatkan personil TNI, Polri, BPBD dan Damkar. (Lulus/beritasampit.co.id).