Puskemas Jadi Ujung Tombak Pengendalian Penyebaran Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Gugus Tugas Percepatan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris.

BANJARMASIN – Puskesmas di seluruh daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta oleh Gugus Tugas Percepatan Pengendalian dan Penanganan (GTPP) Covid-19 untuk memperkuat sebagai bagian program Pemerintah Provinsi Kalsel untuk mempercepat penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ini kami akan melakukan tracking, tracing dan testing terhadap kasus Covid-19 untuk memperkuat peran Puskesmas sehingga upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19 bisa berjalan maksimal,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Pemprov Kalsel, Abdul Haris di Banjarbaru, Sabtu 13 Juni 2020.

Haris juga mengatakan, Pemerintah Provinsi maupun daerah, akan membantu memenuhi kekurangan Puskesmas dalam melaksanakan tugasnya. “Kita terus melakukan kunjungan ke daerah-daerah untuk memastikan seperti apa upaya yang dilakukan daerah dalam mengendalikan Covid-19 ini,” katanya.

Dirinya juga berharap, semoga dalam waktu dekat, kasus Covid-19 di seluruh Kalsel segera turun secara signifikan. Setelah ada penurunan jumlah kasus Covid-19, Gugus Tugas akan dilanjutkan oleh Tim Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang telah dibentuk Pemprov untuk memberikan edukasi kepada masyarakt, tentang kehidupan dan tatanan baru.

Selain itu Tim KIE akan terus memberikan sosialisasi tentang bagaimana hidup dengan protokol kesehatan yang benar, pola hidup sehat  sehingga bisa terhindar dari Covid-19.

Abdul Haris mengatakan, saat ini, masing-masing daerah sudah membentuk tim teknis KIE, sehingga diharapkan bila kasus Covid-19 melanda, tatanan kehidupan baru bisa benar-benar ditetapkan.

“Saya akan terus melakukan monitoring  agar pelaksanaan protokol kesehatan dalam setiap sendi  kehidupan harus diterapkan secara baik dan benar, sehingga penyebaran Covid-19 benar-benar bisa dikendalikan,” pungkasnya. (MERY TRIYANA/beritasampit.co.id).