Pemuda Ngelem Hingga Alami Gangguan Jiwa Jadi Sorotan Berbagai Pihak

IST/BERITA SAMPIT - Foto ilustrasi

MUARA TEWEH – Badan Pelaksana Harian Daerah (BPHD) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Barito Utara menyoroti beberapa pemuda setempat yang ngelem dan mengakibatkan adanya sakit jiwa.

Ketua BPHD AMAN Barito Utara, Putra Lekas mengatakan, tentunya itu menjadi perseden buruk bagi kehidupan pemuda tersebut, terutama pada masa depannya. Karena kecanduan menghirup aroma lem tersebut, akhirnya mengakibatkan gangguan kejiwaan.

“Saya cukup prihatin dan merasa terpukul, akibat hal tersebut lantaran ulahnya yang ketergantungan tersebut luput dari pantauan sosial, akhirnya fatal akibatnya yaitu gangguan jiwa,” ucap Putes Lekas, Kamis 30 Juli 2020.

Maka dari itu, ia mewanti-wanti kepada para pemuda sebagai generasi masa depan, menjadika kejadian di Desa Lemo II tersebut sebagai pembelajaran. Putes berharap cukup sampai disitu saja, jangan sampai ada lagi pemuda-pemuda lainnya.

“Ini tentunya harus jadi perhatian kita semua, dan juga hendaknya para orang tua dan sanak keluarga maupun organisasi juga untuk bagaimana melakukan pembinaan mental pemuda kita saat ini,” tukasnya. (shp/beritasampit.co.id).