Lomba Masak Ikan Gabus dan Catur oleh Kodim 1015/Sampit

SAMPIT – Kodim 1015/Spt mengadakan lomba masak ikan gabus (haruan) bertempat di lapangan kodim 1015/ Sampit Kabupaten Kotim Jln. MT. Hariyono Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten.

Sementara Lomba catur tingkat remaja diadakan oleh Koramil 1015-03/kasongan bekerja sama dengan Percasi katingan bertempat di Aula Kantor Pabung Katingan Kabupaten Katingan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Kamis (13/08/20)

Lomba masak ikan gabus (haruan) betujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang sehat berbahan baku ikan agar kualitas hidupnya meningkat. Lomba masak ikan gabus (haruan) diikuti oleh Polres Kotim, Bank BNI, Bank BRI, Damkar, Koramil jalur Kotim, Koramil jalur Seruyan, Koramil jalur Katingan

Sedangkan Lomba catur tingkat remaja menghadirkan juri dari Percasi katingan. Masing-masing peserta mendapatkan waktu berfikir 20 menit setiap babak. Melalui sistem pengumpulan poin, kedudukan dalam klasmen terus diperbarui, yang dicari adalah empat pemain terbaik dengan poin terbanyak. Bagi Peserta yang mengikuti lomba catur tingkat remaja akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan piagam

Komandan Kodim1015/spt, Letkol Czi Akhmad Safari menjelaskan lomba masak ikan gabus (haruan) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi sumber protein hewani asal ikan. “Juga meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengolah berbagai menu makanan dengan bahan baku ikan.” Ujar Letkol Czi Akhmad Safari.

Pada pelaksanaannya lomba masak ikan gabus (haruan) berlangsung sangat meriah karena masing – masing peserta didampingi suporter dari masing – masing instansi, dan Pada akhir lomba diperoleh hasil sebagai Juara I diraih oleh Bank BRI, Juara ll Polres dan Juara lll diraih Koramil Katingan ll

“Dengan terselenggaranya lomba masak ikan diharapkan semakin banyak masyarakat yang mau mengkonsumsi ikan sekaligus mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten Kotim melalaui program optimalisasi pengolahan dan pemasaran produk perikanan”, ujar Komandan Kodim1015/spt.

Letkol Czi Akhmad Safari juga mengatakan lomba catur tersebut juga merupakan salah satu metode jajaran Kodim 1015/Spt dalam melaksanakan program komunikasi sosial (komsos).

Tujuannya, selain memeriahkan HUT RI ke-75 juga untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat sehingga tumbuh sinergi dalam menangkal berbagai isu dan kondisi yang dapat mengancam keselatan bangsa dan negara. ‘’Kita juga ingin memasyarakatkan olahraga catur di kalangan generasi muda,’’ tutupnya. (rls/beritasampit.co.di)