Update Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng 30 Agustus

IST/BERITA SAMPIT - Peta data penyebaran kasus Covid-19 di Kalteng, Minggu 30 Agustus 2020.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melalui rilisnya menyampaikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 sampai dengan hari ini Minggu 30 Agustus 2020 di Kalteng. Data ini secara akumulasi yang berhasil dihimpun Tim Satgas Penanganan Covid-19 sampai pukul 15.00 WIB.

Sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota sudah terdampak, tetapi Kabupaten Sukamara tidak ada kasus dan zona hijau. Selain itu, Kabupaten Lamandau sudah tidak ada kasus aktif tetapi belum termasuk zona hijau.

Kasus konfirmasi positif ada penambahan sebanyak 9 orang, yaitu di Kota Palangka Raya 4 orang dan di Kobar 5 orang, sehingga dari semula sebanyak 2.491 orang menjadi 2.500 orang.

BACA JUGA:   Masyarakat Terdampak Banjir Harus Waspada Penyakit Tertentu

Kasus sembuh, ada penambahan sebanyak 5 orang, yaitu di Kobar 3 orang dan di Barut 2 orang, sehingga dari semula 1.976 orang menjadi 1.981 orang. Sementara kasus suspek, ada penurunan sebanyak 13 orang, sehingga dari semula 496 orang menjadi 483 orang.

Untuk kasus probable, tidak ada perubahan, sehingga tetap menjadi 24 orang. Pasien dalam perawatan ada penambahan sebanyak 4 orang, sehingga dari semula 407 orang menjadi 411 orang. Selain itu, untuk kasus meninggal, tidak ada perubahan, sehingga tetap menjadi 108 orang, dengan tingkat kematiannya (CFR) 4,3 persen.

Data ini menunjukkan bahwa sejak tanggal 12 Maret 2020 dimana kasus pertama kali yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai dengan saat ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalteng. Hal ini berpotensi terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Menggelar Buka Bersama dan Tausiah Agama

Oleh karena itu selalu terus menerus diingatkan kepada seluruh masyarakat Kalteng agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan serta memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Bagi warga yang belum sadar terhadap protokol kesehatan, patuhi 4M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan agar Covid-19 ini segera berakhir di Kalteng dan seluruhnya. (Hardi/beritasampit.co.id).