Sugianto Sabran Resmikan Gedung Lab dan Ruangan Kesehatan RSDS

Hardi/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran Saat Meresmikan Gedung Lab dan Ruangan Kesehatan RSDS

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, meresmikan gedung pelayanan kesehatan sekaligus pembangunan gedung baru untuk ruangan peningkatan pelayanan masyarakat yakni Gedung Instalasi Kesehatan Reprduksi Laboratorium Mikrobiologi Klinik.

Pembangunan Gedung Instalasi Hemodialisis dan Pelayanan ESWL di Rumah Sakit Doris Sylvanus. Laboraturium ini juga lab pertama di Kalteng untuk nantinyabdapat melakukan riset atau penelitian mengenai obat obatan, sehingga tidak lagi ketergantungan ke daerah lain, Selasa 15 September 2020.

“Terimakasih atas dedikasi tim medis dalam melayani masyarakat dan membantu dalam mengobati warga. Terimakasih pihak rumah sakit dr. Doris Sylvanus yang terus meningkatkan dedikasi hingga kinerja dalam pelayanan. Terus tingkatkan kinerja, dan ingat, program Pemprov Kalteng selama ini membantu masyarakat miskin berobat dan dirawat secara gratis harus terus ditingkatkan,” jelas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Gubernur juga mengiatkan pihak Rumah Sakit untuk tidak  menolak pasien yang ingin berobat. Pemprov Kalteng terus berkomitmen untuk program pro prakyat, membantu pelayanan kesehatan gratis.

“Kami mencatat ada banyak pasien yang terbantu dengan program kesehatan gratis itu. Memang anggaran kita minim, namun terus kami kuatkan agar dapat meningkat sehingga lebih banyak lagi warga yang dapat kita bantu untuk bidang kesehatan ini,”

BACA JUGA:   Diisukan Maju di Pilwakot Palangka Raya, Ini Tanggapan Ivo Sugianto Sabran

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur RSDS dr. Yayu Indriaty, Kadinkes dr. Suyuti, plt Kepala RSJ Kalawa Atei, Kadis PUPR Shalahuddin, Kadis Perrikanan dan Kelautan sekaligus plt BPBD Darliansyah, plt Kadinsos dr. Rian Tangkudung, Ketua IDI Kalteng dr. Mikko, Kepala BPJS, dan lainya, Gubernur Sugianto meminta pihak rumah sakit dan tim dokter untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

“Tim medis kita, dokter, perawat dan petugas relawan, benteng dalam pelayanan dan harus juga menjaga kesehatan, apalagi situasi saat ini. Mohon doanya juga, pembangunan RS tipe A kuga dapat terwujud sehingga komitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan membantu warga dapat lebih baik lagi,” sebut Sugianto Sabran, seraya meresmikan secara simbolis dan penandatanganan prasasti kemudian meninjau lokasi rencana gedung dan ruangan pelayanan lainya.

Sementara itu, Direktur RSDS dr. Yayu Indriaty, menyebutkan RSDS sudah menyelesaikan pekerjaan pembangunan beberapa jenjs pelayanan dalam rangka meningkatkan kompetisi rumah sakit sesuai kebutuhan masyrakat.

Dan saat ini memulai pembangunan gedung Instalasi Hemodialisi dan pelayanan Estracopral Shock Wave Luthotripsy (ESWL), dimana sebelumnya waktu tahun 2016 saat ditinjau Gubernur keadaan ruangan memprihatinkan baik untuk pelayanan anak, ibu dan orangtua, sehingga mulai dilakukan pembangunan secara bertahap sampai saat ini baik dibantu dari pemerintah pusat dan Pemprov Kalteng.

BACA JUGA:   Dishub Kalteng Berkerja Sama dengan BPTB Kelas II Selenggarakan Mudik Gratis

Berbagai pembangunan ruangan pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik, mulai tahun 2016 sampai saat ini, dan tahun ini, dibangun lagi gedung untuk laboratorium mikrobiologi yang pertama di Kalteng.

Termasuk pemeriksaan covid-19 yang sudah memeriksa 13.519 pemeriksaan genetik virus SARCOV2 penyebab covid-19, utnuk se Kalteng, sehingga lebih cepat dari pengiriman ke Jakarta atau ke Surabaya.

Rumah Sakit milik Pemprov Kalteng ini terus berbenah untuk lebih baik dalam pelayanan kesehatan.

“ESWL ini pengobatan batu ginjal atau batu saluran kencing dengan proyeksi pelayanan 40 pasien perbulan, dan pelayanan Hemodialisi pengobatan penyakit ginjal kronis atau akut untuk menjaga kualitas hidup pasien,” kata dr. Yayu.

Usai melihat gedung pelayanan lainya, Gubernur Sugianto Sabran juga memantau denah lokasi ruangan pelayanan serta ruangan ruangan lainya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)