Membuka Akses Perekonomian Empat Desa Melalui TMMD Reguler Ke-109

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menilai program Tni Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah untuk membuka akses perekonomian masyarakat empat desa disana.

“Sumber daya alam yang dikelola masyarakat seperti pada sektor pertanian, perlebunan akan mudah dibawa untuk di jual ke Pasar Ampah, Kecamatan Dusun Tengah,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu (27/9).

Warga yang akan terbantukan perekonomiannya itu dari Desa Sibung, Tangkum, Malintut dan Batuah, karena sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai petani.

“Ini merupakan program yang selaras dengan visi – misi daerah dalam mewujudkan peningkatan ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemiskinan dan berdampak pada penurunan angka stunting,” kata Ampera.

Item pekerjaan TMMD reguler ke-109 di Desa Sibung antara lain peningkatan jalan sepanjang 3,5 kilometer dan dilebarkan dari enam meter menjadi delapan meter.

Pemasangan gorong-gorong beton diameter 100 sentimeter dan panjang 8 meter, galian biasa panjang 3 kilometer dan lebar 0,6 meter dan penimbunan sepanjang 1,06 kilometer dan lebar 6 meter.

Penimbunan pasir batu panjang 900 meter dan lebar 4 meter, penyiapan badan jalan 3,5 kilometer dengan lebar 8 meter. Kegiatan tambahan berupa perbaikan jalan masyarakat panjang 200 meter dengan lebar enam meter.

Lama pelaksanaan 31 hari kalender sejak 22 September hingga 21 Oktober 2020. Diharapkan selesai tempat waktu. (rls)