Orang Tua Perlu Perhatikan Imunisasi Anak

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Murung Raya, Olivia Owiswanti.

PURUK CAHU – Kekebalan daya tahan tubuh anak-anak yang berada dibawah umur lima tahun masih dalam tahap proses pengembangan dan belum sepenuhnya terbentuk. Maka dari itu kelengkapan vaksin dan imunisasi wajib diberikan kepada anak-anak sebelum mereka memasuki usia lima tahun.

Anggota Komisi I DPRD Murung Raya (Mura) Olivia Owiswanti mengatakan, Cara memastikan anak-anak senantiasa dalam keadaan sehat, maka orang tua senantiasa memperhatikan imunisasi anaknya dengan memastikan vaksin dan imunisasi mereka terpenuhi.

Menurut Olivia, beberapa manfaat dan pentingya melakukan imunisasi diantaranya menyelamatkan nyawa, memberikan rasa aman dan efektif, kekebalan komunitas tubuh, pertimbangan finansial, menyelamatkan generasi masa depan dan lain sebagainya.

“Kita semua tahu jika anak-anak diusia seperti ini sangat rentan terpapar virus, melalui aktivitas yang mereka lakukan. Maka sangatlah penting adanya imunisasi yang diberikan oleh orangtua dan perihal tersebut janganlah sampai dilalaikan untuk kekebalan tubuh tidak dibangun sejak dini,” terang politisi yang akrab disapa Oliv ini, Selasa 27 Oktober 2020.

Perlu diketahui dan dipahami juga bagi masyarakat untuk membedakan istilah dari vaksinasi dan imunisasi. Pasalnya, kedua istilah ini kerap disamakan meski sebenarnya memiliki makna berbeda.

Vaksinasi dijelaskannya adalah sebuah proses pemberian vaksin, bisa melalui oral atau suntik demi meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit tertentu. Zat yang dimasukan dengan maksud melemahkan bakteri atau virus yang ada didalam tubuh anak, papar politikus Golkar ini.

Sedangkan imunisasi, adalah proses yang terjadi didalam tubuh manusia hingga memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit. Ada imunisasi aktif, yang bertahan lama dan ada juga imunisasi pasif yang bertahan hanya dalam hitungan minggu atau bulan. Namun tujuan keduanya sama, yakni meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

“Jika imunisasi terus dilakukan dan secara menyeluruh, bisa jadi generasi masa depan tidak akan lagi mengenal berbagai macam penyakit yang dapat mengancam keselamatan. Serta demi keselamatan anak anda, lingkungan, hingga generasi berikutnya, jangan pernah sepelekan pentingnya imunisasi,” tukasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).