Ketua MPR Minta Pemerintah Optimalkan 3 T Covid-19

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dok: Istimewa

JAKARTA— Selama kurang lebih delapan bulan pandemi covid-19 di Indonesia, belum ada tanda-tanda penyebaran covid-19 dapat dikendalikan secara pasti, dan saat ini total kasus pandemi covid-19 di Indonesia mencapai 448.118 kasus.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pemerintah melakukan evaluasi kinerja yang sudah dilakukan selama ini dan melakukan terobosan agar dapat menekan perkembangan dan penyebaran covid-19.

“Serta menggencarkan dan mengoptimalkan penerapan testing/tes, tracing/pelacakan, dan treatment/perawatan (3T) di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Bamsoet, Kamis, (12/11/2020).

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024

Untuk itu, Politikus Golkar mengatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah segera menyiapkan dana, agar testing atau tes rapid dapat dilakukan secara berkala, khususnya di wilayah-wilayah yang masih berada di zona merah atau orange.

“Sehingga tracing/pelacakan dapat dilakukan tepat waktu guna mencegah meluasnya penularan virus corona,” imbuh Bamsoet.

Mesti demikian, mantan Ketua DPR RI itu berharap pemerintah untuk terus melakukan pembaharuan data kasus positif covid-19, terutama apabila telah melakukan pemeriksaan spesimen setiap harinya.

BACA JUGA:   Penting Dibangun Komitmen Kebangsaan Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

“Saya mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak) secara bersamaan, dan menghindari kerumunan orang, sehingga upaya pencegahan penularan antar individu dapat dilakukan secara maksimal,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id).