Koramil 1015-17/Rtp Hadiri Peresmian Rumah Betang Tumengung Tilung

KUALA PEMBUANG – Koramil 1015-17/Rtp menghadiri peresmian Rumah Betang adat Dayak “Kenyalang Tukong” tumengung tilung di kelurahan Rantau pulut kec Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan. Acara peresmian ini dihadiri oleh Bupati Seruyan, Camat, Danramil, Kapolsek, Damang, Para Kades, Lurah, Mantir dan para tokoh adat serta masyarakat.

Danramil 1015-17/Rtp Kapten inf sukatmin dalam sambutannya mengatakan bahwa, Rumah Betang yang dibangun dengan megah ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkumpul, baik itu acara adat, acara rapat, kegiatan seni ataupun lainnya. “Jadi pergunakan dengan sebaik-baiknya dan dirawat agar bisa terjaga dengan baik,” kata Kapten Inf Sukatmin.

BACA JUGA:   Kodim 1015/Sampit Mengirimkan 98 Putra Daerah lolos seleksi prajurit TNI AD

Kapten Inf Sukatmin mengungkapkan bahwa, masyarakat kelurahan Rantau Pulut sangat antusias, dalam membangun sebuah obyek wisata budaya, yaitu rumah betang yang dibangun menggunakan bahan kayu Tebelian, dengan dikerjakan secara bergotong royong oleh masyarakat. Dia berharap pertahankan dan pelihara, terutama keikut sertaan generasi muda yang peduli untuk kemajuan pembangunan, juga berharap untuk desa-desa yang lain juga harus mampu membangun desanya. (rls)