Tekan Penyebaran Covid-19, Polisi Gencar Sosialisasi Prokes

IST/BERITA SAMPT - Petugas Sat Lantas Tanah Bumbu saat membagikan Stiker " Ayo Pakai Masker'

TANAH BUMBU, KALSEL – Gerakan peduli dan penegakkan Protokol Kesehatan terus dilalukan di Povinsi yang berjuluk Bumi Lambung Mangkurat agar masyarakat semakin menyadari pentingnya penerapan Prokes disegala sendi kehidupan

Seperti yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (Kalsel) yang gencar menempelkan stiker “Ayo Pakai Masker” di kendaraan masyarakat.

Stiker tersebut sebagai bentuk himbauan sekaligus pesan agar masyarakat selalu mengikuti protokol (prokes) dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

Selain wajib memakai masker, masyarakat juga diimbau wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta wajib mencuci tangan dengan sabun.

Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP G. M. Angga Satrya Wibawa, menilai, penempelan stiker efektif mengubah perilaku masyarakat yang awalnya malas menggunakan masker, menjadi tertib.

“Ini adalah langkah sederhana dan efektif untuk mengajak masyarakat untuk selalu menaati Prokes terutama penggunaan masker” Ucap Angga kepada media ini Senin 23 November 2020.

Terutama penggunaan masker saat berlalu lintas. Saat awal kegiatan, pihaknya melihat banyak yang melanggar. Namun setelah gencar melakukan penempelan stiker, pelanggaran tersebut semakin berkurang.

Kegiatan tersebut dilakukan di jalan raya, dengan lokasi berpindah-pindah. Sasaran utamanya adalah kendaraan umum. Selain menempelkan stiker, polisi juga memberikan imbauan prokes secara lisan.

“Bagi yang tidak menggunakan masker, langsung ditegur. Selanjutnya diberikan masker gratis. “Sekarang paling satu, dua yang tidak pakai masker di jalan raya,” Pungkasnya.

(Mery Triyana/beritasampit.co.id)