Jembatan DAS Arut Pangkalan Bun – Kolam akan Diganti Jembatan Cable Stayed

IST/BERITA SAMPIT - Inilah prototype Jembatan DAS Arut PBun-Kolam, yang sebentar lagi akan menghias pinggiran Kota Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan peningkatan Infrastruktur, salah satunya membangun jembatan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Arut yakni jalan Trans Kalimantan bagian Barat, Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama (Kolam), sebentar lagi dirubah menjadi Jembatan type cable stayed.

Program pembangunan insfrastruktur jembatan yang akan dibangun dengan type cable stayed di DAS Arut, merupakan salah satu program prioritas Pemkab Kobar, karena pengamatan penulis saat ini perkembangan pembangunan diberbagai sector di Kabupaten Kobar semakin meningkat dan berkembang.

Khususnya disektor perekonomian, yang banyak memanfaatkan sarana infrastruk jalan dan jembatan. Maka peningkatan jembatan DAS Arut Pangkalan Bun-Kolam, saat ini mutu dan kualitasnya akan ditingkatkan menjadi jembatan type cable stayed.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Kobar Akan Luncurkan Program Baru

Kadis PUPR Kabupaten Kobar Juni Gultom, melalui Kabid Binamarga PUPR Kabupaten Kobar Samuel, saat dikofirmasi membenarkan bahwa jembatan DAS Arut Jalan Pangkalan Bun – Kecamatan Kolam, kedepannya akan dirubah menjadi jembatan type cable stayed.

“Jembatan cable stayed adalah salah satu dari beberapa tipe jembatan bentang panjang, yang mengandalkan kabel sebagai penahan beban jembatan diperuntukkan bagi lintasan antar wilayah yang biasanya terpisah oleh sungai,” kata Samuel, Senin, 25 Januari 2021.

BACA JUGA:   Ratusan Embung di Kobar Jadi Solusi Antisipasi Karhutla

Pada umumnya jembatan cable stayed menggunakan gelagar baja, rangka, beton atau beton pratekan sebagai gelagar utama. Dan nantinya kalau kabel sudah terbentang menjadi keindahan daya Tarik tersendiri bagi jembatannya.

“Tahun kemarin pembangunan 2 abutment sudah selesai , dan tahun ini pembangunan pemancangan 2 pilar. Mohon do’a restunya program pembangunan jembatan DAS Arut Pangkalan Bun – Kolam, yang akan diganti dengan jembatan type cable stayed kedepannya bisa terwujud”, pungkas Samuel.

(man/beritasampit.co.id).