Terus Lakukan Pengambilalihan Pengelolaan SPAM IKK

RDI/BS - Anggota DPRD Seruyan Benyamin Pasambe

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendorong kepada pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat agar bisa lebih membentangkan sayapnya dalam hal pengambilalihan pengelolaan Sistem Pengembangan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) di Seruyan.

“Kalau untuk yang ada di Desa Kartika Bhakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur itu informasinya sudah diambilalih oleh PDAM, karena memang SPAM IKK tersebut masuk dalam salah satu dari dua proyek pengambilalihan pengelolaan bersamaan dengan yang ada di Hanau itu,” kata Anggota DPRD Seruyan Benyamin Pasambe baru-baru ini.

BACA JUGA:   Cegah Karhutla, Masyarakat Diminta Tidak Membakar Lahan

Menurut informasi yang dirinya terima, saat ini SPAM IKK yang diambilalih tersebut sudah beroperasi sebagaimana mestinya. Seiring dengan kemajuan tersebut, dirinya meminta agar PDAM bisa memikirkan strategi kembali untuk mengambil alih pengelolaan SPAM IKK lebih banyak lagi.

Ia mengatakan, dengan pengelolaan yang diambil alih oleh PDAM, dinilai pengoperasiaannya akan lebih maksimal karena mereka sendiri memang sudah berpengalaman dalam pengelolaan air bersih.

Saat ini masih banyak SPAM baik itu yang ada di desa maupun kecamatan yang mana pengelolaannya masih jauh dari apa yang diharapkan. Dirinya menambahkan, salah satu yang bisa jadi prioritas dari PDAM dalam wacana pengambilalihan SPAM IKK selanjutnya yakni yang ada di Danau Sembuluh.

BACA JUGA:   Peringatan HUT ke-19 Kabupaten Seruyan Digelar Sederhana Ditengah Pandemi

Disamping itu, salah satu desa yang juga dinilai penting untuk mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM yakni Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

“Kalau bisa di Sungai Bakau itu juga diberikan pelayanan air bersih, karena setiap saya ke sana masyarakat itu selalu bilang kalau mereka siap membayar asalkan bisa menikmati, terlebih di sana wilayahnya juga adalah pesisir,” jelasnya.