HPN 2021, Ketua DPRD Palangka Raya Harap Insan Pers Lebih Profesional

M.SLH/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA –  Sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional (HPN) dan hari jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Menanggapi hal ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto menyampaikan bahwa, dalam perjalanan sejarah Indonesia Insan Pers memiliki andil penting dalam pembangunan dan pengamalan Pancasila.

“Landasan ideal Pers ialah sinergi. Bersinergi antar komponen Pers, masyarakat dan pemerintah. Masyarakat yang sehat terlahir melalui pembentukan pola pikir positif yang didapat lewat informasi yang baik dari pemberitaan positif,” kata Sigit, Selasa 9 Februari 2021.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Politikus dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan, bahwa informasi yang baik itu terlahir dari para Insan Pers yang ekosistemnya juga berjalan dengan baik terarah dan memiliki keseimbangan sehingga dapat dipercaya.

“Saat Pemerintah dapat bekerja dengan baik melalui kritikan yang tajam dari Pers dalam membangun ekonomi kerakyatan, terutama disaat sekarang ini, semuanya berbasis digital, maka pemerintah percaya media selalu menyajikan berita berkualitas yang berbasis pada fakta dan data,” ujarnya.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Menurut Sigit, Pemerintah dan Insan Pers tetap menjalin kemitraan serta komunikasi yang baik. Terlebih lagi peran Pers banyak membantu dalam situasi ancaman kesehatan global yang terjadi belakangan ini.

“Harapan kami, Insan Pers harus berperan lebih profesional, serta ikut membangun menciptakan SDM yang lebih baik lagi di dunia Pers, menjunjung tinggi azas keseimbangan dalam menyampaikan informasi, mengikuti kode etik jurnalistik, serta tidak terjebak pada informasi palsu,” harap Sigit. (M.Slh/beritasampit.co.id).