DPRD Siap Kawal Usulan Prioritas Hasil Reses dan Musrenbang

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua DPRD Barsel H Moch Yusuf Kalem, saat diwawancarai awak media usai kegiatan Musrenbangdes tahun 2021 di Desa Kalanis dan Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir.

BUNTOK – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) H Moch Yusuf Kalem menyebutkan, sebagi wakil rakyat dirinya selalu siap untuk mengawal usulan-usulan masyarakat yang diajukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Hal tersebut disampaikan, Wakil Ketua DPRD I Barsel H Moch Yusuf Kalem kepada awak media usai kegiatan Musrenbangdes di Desa Kalanis dan Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Senin 15 Februari 2021.

Dikatakan Politisi Partai Golkar ini, kehadirannya dalam kegiatan Musrenbangdes ini bertujuan untuk menyerap serta mengawal aspirasi masyarakat yang masuk dan menjadi program prioritas yang pada nantinya akan dibahas lebih lanjut bersama Pemerintah Daerah setempat.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Pastinya, sangatlah penting peran serta DPRD dalam proses pembangunan daerah ini,”Katanya.

Menurutnya sebagai wakil rakyat, memiliki peran penting dalam perencanaan pembangunan daerah yang sesuai dengan Tugas dan Fungsinya (Tupoksi) yakni sebagai badan legislasi pengawasan dan anggaraN.

Musrenbangdes ini, sebagai proses awal perencanaan pembangunan dimana program-program yang diusulkan oleh masyarakat desa nantinya akan di seleksi menjadi program prioritas.

“Selanjutnya ditindaklanjuti, dan direalisasikan menyesuaikan dengan anggaran yang ada atau menyesuaikan dengan kemampuan daerah,”Ungkap Moch Yusuf Kalem.

Terkait usulan masyarakat Desa Kalanis dan Desa Batampang dalam Musrenbangdes ini yang menjadi program prioritas lanjut Moch Yusuf Kalem, seperti Desa Kalanis yang mengusulkan program kegiatan yang diantaranya pembangunan infrastruktur jalan, sarana pendidikan dan rumah ibadah.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Sedangkan usulan Desa Batampang yang masyoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah nelayan maka yang diprioritaskan adalah bidang perikanan dan bidang pertanian,”Jelasnya.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan program pembangunan akan mengutamakan skala prioritas dikarenakan tidak semuanya bisa terakomodir ditengah keterbatasan anggaran selama masa pedemi Covid-19 ini maka kita tetap mengutamakan skala prioritas.

“Dimana bidang kesehatan, harus diutamakan sebab sangatlah penting dan setelahnya baru pembangunan akan tetapi semua akan tetap kita upayakan agar sama-sama berjalan serta direalisasikan sebagaimana mestinya,”Tukas Moch Yusuf Kalem.

(Ded.beritasampit.co.id)