Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

DEDDY/BERITA SAMPIT - Antusias warga Desa Baru saat mengikuti lomba tanglong dan bagarakan sahur.

BUNTOK- Dalam rangka memeriahkan bulan suci ramadan 1445 Hijriah yang memasuki hari ke-20, Atakrun tokoh pemuda ternama Desa Baru Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar lomba pawai tanglong dan bagarakan sahur, Sabtu 30 Maret 2024 (minggu malam).

“Adapun peserta lomba, 11 RT hanya RT 07 yang tidak mengikuti lomba dengan total jumlah peserta 11 grup semuanya dari Desa Baru,” kata Atakrun kepada awak media di sela-sela kegiatan lomba tersebut.

Dikatakannya, kegiatan lomba tanglong dan bagarakan sahur ini dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di Desa Baru dalam rangka memeriahkan bulan suci ramadan 1445 hijriah.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Selain itu juga untuk menyalurkan bakat kreatif warga mendesain replika masjid dan lain-lain serta menyalurkan bakat bermain alat musik tradisional bagarakan sahur.

“Tentunya kegiatan lomba ini disambut baik dan antusias oleh warga desa baru,”katanya.

Untuk penilaian lomba, lanjut tokoh pemuda yang dermawan ini, sesuai dengan tema lomba yakni pawai tanglong dan bagarakan sahur. “Selain itu juga, penilaian suara atau bunyi alat yang dipakai untuk tanglong dan bagarakan sahur, kekompakan serta kerapian dalam grup,”imbuhnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Panitia juga menyiapkan hadiah untuk juara umum yakni piala bergilir serta untuk juara 1, 2, 3, dan juara favorite. Serta akan mendapatkan piagam dan uang pembinaan. Bagi grup yang tidak mendapatkan juara juga akan memberikan mereka masing-masing uang pembinaan.

“Rencananya insha Allah kegiatan serupa akan saya laksanakan kembali setiap tahunnya,”tukasnya.

Acara lomba pawai tanglong dan bagarakan sahur tersebut dipadati penonton baik dari Desa Baru maupun dari Kota Buntok bahkan dari Ampah Kabupaten Barito Timur (Bartim) juga turut hadir menyaksikan. (Deddy)